Covid-19 Bikin Pendapatan Pajak Jeblok, Hingga Juni 2020 "Cuma" Rp 198 Miliar

Uang9.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dampak pandemi corona begitu berdampak bagi ektor ekonomi. Alhasil pendapatan pajak daerah pun berkurang drastis. Hal ini juga dirasakan Pemko pekanbaru. Pajak daerah di Kota Pekanbaru hingga awal Juni 2020 mencapai Rp198 miliar.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin menjelaskan, pandemi tersebut berdampak untuk semua sektor. Banyak tempat usaha yang menghentikan operasionalnya sementara.

"Saat ini dampak Covid terasa di berbagai sektor masih terasa," terangnya.

Pria yang disapa Ami mengatakan, ada penurunan capaian dari sejumlah sektor pajak daerah. Sektor hotel dan restoran yang paling berdampak dalam kondisi pandemi.

Pendapatan hotel dan restoran menurun drastis. Akibatnya berdampak pada capaian pajak daerah di sektor tersebut.

"Dampaknya memang luar biasa untuk sektor usaha, jadi berdampak juga bagi pajak daerah," ulasnya dilansir dari Pekanbaru.go.id

Pihaknya tetap optimis bahwa sektor ekonomi bakal beradaptasi dengan kondisi ini. Apalagi pandemi Covid-19 tidak bisa diprediksi hingga kapan berakhir.

"Kita berharap kondisi segera normal, apalagi Wali Kota sudah membuat regulasi agar bisa beraktivitas tempat usaha menuju new normal," jelasnya.