Diah Natalisa Beberkan 5 Kunci Transformasi Pelayanan Publik saat New Normal

Yan-Prana2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi kunci pertama untuk melakukan penyederhaan bisnis di era New Normal.

"Kedua, Publikasi yaitu menggunakan media Informasi untuk penyampaian standar pelayanan baru melalui media publikasi," sebut Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Diah Natalisa dilansir dari Riau.go.id.

Diah Natalisa menyebutkan lima strategi pelaksanaan transformasi penyelenggaraan pelayanan publik dalam tatanan normal baru.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan Web Seminar (Webinar) bersama Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya di Kantor Bappeda Provinsi Riau, Rabu 3 Juni 2020.

Dilanjutkan Diah Natalisa, yang ketiga konsultasi online, membuka media komunikasi online sebagai wadah konsultasi maupun penyampaian aspirasi atau pengaduan.

Keempat, kualitas output yaitu memastikan kualitas output dari produk layanan baik online maupun offline tetap sesuai standar yang ditetapkan.

"Selanjutnya strategi yang kelima protokol kesehatan, mengoptimalkan protokol kesehatan yang di terapkan Menteri Kesehatan," ujarnya.

Diah Natalisa menyimpulkan Webinar terkait new normal life dalam pelayanan publik, pelayanan publik tidak boleh terganggu di era new normal dan harus ada terobosan yang dikembangkan dalam pelayanan publik saat ini.

"Pelayanan publik di era new normal tidak ada yang ideal namun bagaimana kita harus optimalisasi pelayanan sesuai harapan masyarakat," tutupnya.