Sebelum New Normal Diterapkan, Pemerintah Wajib Pastikan Warga Disiplin

Bambang-Mit2.jpg
(Riau Online)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tokoh Masyarakat Riau, Mambang Mit meminta pemerintah memastikan disiplin masyarakat lebih ditingkatkan menjelang penerapan aturan New Normal di Riau.
 
Mantan Wakil Gubernur era Rusli Zainal ini mengatakan, New Normal sama saja dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) namun sedikit kelonggaran yang diberikan pemerintah dimana tempat yang selama ini ditutup, tempat itu sudah dibuka kembali.
 
"Protokoler kesehatan harus tetap dilaksanakan,cuma yang tadinya ditutup sekarang dibuka, itu aja bedanya," kata Mantan Ketua DPD Demokrat Riau ini, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Protokoler kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, rajin mencuci tangan dan sebagainya, ujar Mambang, sebenarnya sudah sering disampaikan pemerintah di berbagai media.
 
"Setiap hari kan sudah diberi imbauan begitu, imbauan ini juga hasil kajian banyak pakar. Kalau itu diterapkan InsyaAllah virus ini bisa diatasi. Yang penting itu disiplin," tambah Mambang.
 
Untuk itu, sebelum New Normal diterapkan pemerintah wajib memastikan masyarakat sudah disiplin menjalankan protokoler kesehatan Covid-19, sehingga New Normal tak memberi dampak buruk nantinya.
 
"Makanya pastikan disiplin warga dulu, kalau tidak berbahaya nanti. Harus ada peningkatan disiplin, sekarang kan masih ada kerumunan dan masih ada yang tak pakai masker. New normal ini peluang berkumpul lebih besar," tuturnya.
 
"Intinya kemudahan diberikan pemerintah, tapi harus diimbangi dengan disiplin warga," tutupnya.