Wakil Ketua DPRD Kuansing, Zulhendri Prihatin Petugas Poskowas Tak Pakai Hazmat

Wakil-Ketua-DPRD-Kuansing-Zulhendri-sidak.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN -Wakil Ketua DPRD Kuansing, Zulhendri menyoroti minimnya alat pelindung diri (APD) dan belum adanya pembatas bagi petugas yang melakukan pemeriksaan terhadap setiap orang yang melintas di daerah perbatasan Riau - Sumbar di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik.

Temuan ini didapat setelah DPRD Kuansing dipimpin Wakil Ketua DPRD Kuansing, Zulhendri bersama sejumlah anggota DPRD Kuansing turun melakukan pengawasan ke Poskowas di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Selasa, 5 Mei 2020.

"Untuk Poskowas Kasang sudah dilakukan pengawasan, cuma APD di Poskowas ini harus disempurnakan lagi," kata politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, Rabu, 6 Mei 2020.

Zulhendri mengatakan, APD yang masih kurang tersebut di antaranya belum adanya baju hazmat bagi petugas jaga, kemudian minimnya masker N95 yang digunakan petugas.

Seharusnya petugas jaga di Poskowas disiapkan dengan standar APD yang lengkap. Termasuk katanya, harus ada satu unit mobil ambulance yang stanbay di setiap Poskowas.


"Kemarin saat kita turun tidak ada ambulance di Poskowas. Memang belum ada, mungkin karena keterbatasan terhadap mobil ambulance, kedepan harus ada kerjasama dengan perusahaan minimal harus ada satu unit ambulance disetiap poskowas," harap politisi asal Kecamatan Cerenti ini.

Temuan lain di Poskowas Kasang belum ada pembatas bagi petugas saat melakukan pemeriksaan terhadap orang atau penumpang yang didata langsung.

"Kalau bisa jangan kontak langsung, kami lihat kemarin masih terbuka dan hanya dibatasi kawat. Harus ada pembatas mungkin bisa dikasih kaca atau plastik sehingga tidak melakukan kontak langsung," katanya.

Menurut Zulhendri, ini dilakukan supaya petugas terhindar dari virus tersebut. Karena petugas diperbatasan ini juga harus berhati-hati untuk menghindari penularan.

Zulhendri juga menyarankan supaya petugas jaga di Poskowas diberi asupan vitamin yang cukup mulai vitamin A dan C.  Ini guna menjaga stamina petugas agar selalu vit setiap menjalankan tugas.

Ia juga berharap setiap mobil yang melintas bisa disemprot disinfektan oleh petugas. "Harus ada stanbay satu mobil khusus berisi disinfektan, jadi mobil lewat kalau bisa disemprot," katanya.

-->