Puluhan Mahasiswa Riau dari Luar Negeri Jalani Rapid Test Sebelum Dipulangkan

rapid-test.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -Sebanyak 29 mahasiswa Riau yang kuliah di luar negeri pulang kampung. Rombongan mahasiswa Riau dari luar negeri ini diterbangkan dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara SSK II Pekanbaru, Kamis 7 Mei 2020.  Dari 29 rombongan mahasiswa tersebut terdiri dari 24 mahasiswa dari Arab Saudi dan satu mahasiswa dari Thailand serta empat orang santri dari Malaysia.

 

"Sore ini jam 4 diterbangkan dari Jakarta ke Pekanbaru dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia," kata Kepala Badan Penghubung Riau di Jakarta, Erisman Yahya, Kamis 7 Mei 2020.

 

Sebelum diterbangkan ke Pekanbaru, rombongan mahasiswa dan santri Riau yang ini menjalani rapid test.  Rapid test dilaksanakan di Bandara Soekarno Hatta Jakarta yang difasilitasi oleh pihak maskapai.

 

"Mereka wajib dirapid test dulu, setelah itu baru diterbangkan ke Pekanbaru," ujarnya.

 

Kepulangan mahasiswa dan santri Riau dari luar negeri ini dilakukan secara bertahap sejak  30 April 2020 lalu. Mereka diterbangkan dari negara tempat asal ke Jakarta sebelum dipulangkan ke Pekanbaru,. Selama berada di Jakarta rombongan mahasiswa dan santri Riau dari luar negeri ini mengisolasi diri di hotel yang berada di dekat bandara. 

 

"Mereka kita inapkan dan kita isolasi di hotel yang berada di dekat Bandara sambil menunggu ada penerbangan ke Pekanbaru," kata Erisman.

 

Tidak hanya menjalani rapid test dan isolasi di hotel, namun setelah sampai di Pekanbaru mereka tidak langsung diizinkan pulang ke kampung halamannya masing-masing. Sebab mereka harus menjalani karantina selama 14 hari di Pekanbaru. Pemprov Riau sudah menyiapkan gedung Balai Diklat BPSDM Riau di Pekanbaru untuk lokasi karantina. (*)