Pemkab Kuansing Usulkan 15.500 KK Dapat Bantuan Tambahan ke Provinsi

uang4.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Kuansing mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Riau agar 15.500 Kepala Keluarga (KK) di Kuansing dapat bantuan tambahan sebesar Rp 300 ribu per bulan untuk tiga bulan mulai April, Mei dan Juni 2020 melalui APBD Provinsi Riau.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinsos PMD Kuansing, Napisman, KK yang diusulkan dapat tambahan bantuan sebesar Rp 300 ribu per bulan selama tiga bulan tersebut merupakan masyarakat yang selama ini hanya mendapatkan bantuan sosial pangan dan kalau diuangkan hanya Rp 200 ribu.

Meskipun selama ini bantuan PKH yang diberikan setiap bulan kepada keluarga penerima manfaat rutin dilakukan, baik sebelum Covid maupun sesudah Covid nanti tapi tetap diusulkan tambahan ke Provinsi. 


Pemkab kata Napis, sedang menyiapkan data untuk diusulkan ke Provinsi, supaya KK ini bisa mendapatkan tambahan bantuan karena juga terdampak secara ekonomi akibat Covid 19.
 
"Data pastinya sedang kita siapkan SKnya ada sekitar 15.500-an," ujar Napisman yang dihubungi Riau Online beberapa waktu lalu.

Menurut Napis bantuan tersebut akan dialihkan dalam bentuk bantuan top up. Pemprov katanya, akan menambah bantuan tersebut kepada masyarakat yang dinilai tidak cukup, seperti PKH sembako kalau diuangkan memang hanya Rp 200 ribu perbulan.

"Teknisnya nanti itu Provinsi, kita hanya menyiapkan data nanti kita sampaikan ke Provinsi, jadi atau tidak men top up itu Provinsi nanti," kata Napis lagi.

Pemprov kata Napis, memang akan menambah nilai bantuan PKH dengan tambahan sebesar Rp 300 ribu per bulan selama tiga bulan mulai April, Mei dan Juni. "Teknis penyalurannya nanti itu langsung Provinsi," kata Napis lagi. 
 
Sehingga nantinya jumlah bantuan yang diterima keluarga PKH ini bisa sama dengan bantuan yang diterima masyarakat sebesar Rp 600 ribu perbulan selama tiga bulan selama masa pandemi ini berlangsung. 


-->