Tak Mau Warga Riau Kelaparan, Syahrul Aidi Berharap Masjid Berikan Bantuan Pangan

syahrul-aidi-maazat.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota DPR RI Fraksi PKS, Syahrul Aidi Ma'azat meminta seluruh pengurus masjid segera mendata warga sekitarnya yang terkena dampak ekonomi akibat virus Corona.

 

"Dengan adanya pembatasan ruang gerak hingga menghindari keramaian, tentu pedagang akan terkena imbas ekonomi. Sebagai anggota DPR RI, sebagai seorang ustadz, dan juga ketua Ikatan Masjid Indonesia Kabupaten Kampar, saya imbau mari jadikan masjid sebagai basis penanganan sosial," kata mantan anggota DPRD Kampar ini, Jumat, 27 Maret 2020.

 

Mekanismenya, dijelaskan Legislator Dapil Riau ini, setiap masjid harus memiliki satgas Covid-19 yang selain mendata warga kurang mampu juga harus bisa menghimpun dana guna memberi bantuan pangan kepada warga sekitarnya.

 

Imbauan ini, kata Syahrul, merupakan langkah persiapan menghadapi kemungkinan lockdown. Sebab, ia melihat negara seperti India yang rakyatnya mati kelaparan karena tidak adanya persiapan dari pemerintah.

 

Untuk itulah, Syahrul mengingatkan agar pengurus masjid mulai bergerak di bidang sosial menghadapi virus ini.

 

"Harus kita bantu pemerintah berbasiskan masjid, dana yang selama ini dipakai ke pembangunan, kita alihkan ke bantuan ekonomi. Kita tak tahu, bagaimana nanti kedepannya, yang jelas banyak negara di luar sana yang lumpuh akibat Corona ini," tuturnya.

 

Memang, saat ini umat muslim tak bisa shalat berjamaah di masjid, tapi muslim harus tetap peduli dengan yang lain dan jangan menyelamatkan diri masing-masing. 

 

"Kita tidak bisa banyak berharap dari pemerintah, kita bantu saja pemerintah, caranya kita buat gerakan berbasis masjid seperti ini. Orang kaya harus bantu orang miskin di sekitarnya. Semoga Allah menjaga negeri kita dari marabahaya," tutupnya.