Warga Riau Diminta Tidak Panik Menyusul Temuan Positif Corona

indra-yopi.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pasca ditemukannya kasus perdana pasien positif virus corona di Riau. Warga diminta untuk tidak panik. Sebab kepanikan justru akan membuat keadaan semakin buruk. Warga diminta tetap tenang. Namun harus tetap menjaga kebersihan dan kesehatan.

"Warga kita imbau tetap tenang, jangan terlalu khawatir yang berlebihan, jaga kesehatan, sering cuci tangan, warga diimbau untuk menjaga jarak secara sosial, itu harus dilakukan dengan baik," kata juru bicara penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yopi, Rabu 18 Maret 2020.

Indra juga mengingatkan anak-anak sekolah yang saat ini sudah diliburkan agar benar-benar dimanfaatkan untuk berdiam di rumah. Dibutuhkan pengawasan orang tua untuk memastikan anak-anaknya yang libur sekolah tidak berkeliaran yang dapat mengancam kesehatan anak-anaknya.

"Anak-anak sekolah yang sudah diliburkan harus benar-benar berada di rumah. Jangan berkeliaran, tujuanya agar mereka tetap sehat,"katanya.

Pihaknya memintan dukungan dari masyarakat agar diberikan kekuatan dan kesehatan, sehingga bisa merawat para pasien suspek corona maupun yang positif corona. Sehingga para pasien tersebut segera diberikan kesehatan.

"Kita siap, menghadapi ini, mudah-mudahan pasien cepat sembuh dan cepat pulih," kata dokter spesialis paru RSUD Arifin Ahmad ini.

Pasca ditemukannya kasus pertama pasien positif corona di Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Riau akan melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien. Sehingga bisa dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien yang positif corona ini.

"Mudah-mudahan tidak ada penambahan. Makanya kita imbau waktu libur sekolah ini betul-betul dimanfaatkan untuk belajar di rumah, jangan pergi ke tempat keramaian,"kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir. (*)