Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai Telan Korban, Dewan Panggil Disnaker dan Kontraktor

kasir-komisi-V.jpg
(Hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota komisi V DPRD Riau, Kasir, memastikan akan memanggil Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Riau guna mendalami kecelakaan kerja yang terjadi di pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai beberap hari lalu.

Di mana salah seorang buruh kontraktor dari PT Grand Surya tewas tertimpa crane pembangunan Jalan Tol.

"Ini sepertinya human error, karena kan crane itu pasti didesain untuk kuat, jadi kita menduga ada kelalaian, makanya kita akan panggil Disnaker," kata politisi Hanura ini, Senin, 17 Februari 2020.

Pemanggilan Disnaker ini, lanjut Kasir, guna memastikan apakah ada unsur kesengajaan atau tidak dalam kecelakaan kerja ini.

"Apakah ada unsur kesengajaan atau tidak, kan bisa saja crane dibuat tidak kuat. Kita juga akan melibatkan pihak kepolisian untuk menyelidiki. Kita kan tidak tahu ada apa dibalik ini," tuturnya.

Kasir menghimbau kepada semua perusahaan yang terlibat dalam pembangunan jalan Tol Pekanbaru - Dumai supaya mengutamakan keselamatan disamping harus melindungi semua buruhnya dengan asuransi.

"Perusahaan akan kita panggil juga, gimana penanganannya, apakah hak si korban sudah dipenuhi," pungkasnya.

Sebelumnya, Hutama Karya melalui Sekretaris Perusahaan HKI, Alfa Haga Rachmady membenarkan adanya kecelakaan kerja di wilayah kerjanya,.

Alfa mengatakan, kejadian naas itu terjadi pada Senin, 10 Februari 2020, korban merupakan karyawan dari PT Grant Surya Pondasi (GSP) yang sedang memobilisasi alat berat menuju lokasi pekerjaan.