Digelar 7 Hari, Tes CPNS Kuansing Bakal Dibagi 33 Sesi

Test-CPNS.jpg
(liputan6.com)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Ujian Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau diperkirakan akan terbagi dalam 33 sesi.

Pelaksanaan ujian akan digelar selama 7 hari dimulai 19-25 Februari 2020. Pelaksanan ujian SKD CPNS Kuansing menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kuansing, Hendri Siswanto mengatakan, ujian SKD CPNS Kuansing akan diikuti 6.504 peserta.

Dalam satu hari katanya, ujian akan diikuti sebanyak 1.000 peserta dan dibagi menjadi lima sesi. Satu sesi setiap harinya akan diikuti sebanyak 200 peserta.

"Kecuali pada hari Jumat itu jumlah peserta akan dibatasi menjadi 800 peserta dengan 4 sesi, begitu juga hari terakhir pelaksanaan," kata Hendri kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis, 23 Januari 2020.

BKPP Kuansing akan segera mengumumkan untuk jadwal setiap sesi yang akan diikuti oleh peserta dan nanti dapat dilihat melalui website milik Pemkab Kuansing dengan alamat kuansing.go.id.

"Ujian tes pertama itu untuk tenaga guru, baru nanti tenaga kesehatan dan terakhir tenaga teknis. Pesan kita supaya setiap peserta untuk selalu memantau website milik Pemkab," katanya.

Nanti kata Hendri melalui pengumuman diwebsite akan muncul nama-nama peserta kapan mulai mengikuti ujian dan pada sesi mana dan hari apa itu akan muncul setelah kita umumkan. "Tinggal ditandatangani pak Bupati, selanjutnya baru akan kita umumkan melalui website," ujarnya.

Hendri juga menghimbau bagi peserta yang mengikuti ujian tes SKD CPNS nanti wajib menggunakan setelan pakaian hitam putih. Bagi perempuan wajib menggunakan rok hitam panjang dan laki-laki menggunakan celana panjang hitam serta menggunakan baju kemeja warna putih.

Saat ujian katanya, peserta tidak diperkenankan membawa peralatan kedalam ruangan seperti handphone, anting, jam tangan, gelangm dompet dan lainnya itu tidak dibolehkan. "Hanya pulpen mungkin yang boleh itupun akan diperiksa," katanya.

Terakhir Hendri berpesan kepada peserta yang akan mengikuti ujian CPNS untuk mempersiapkan diri mulai dari sekarang."Dari sekarang sudah harus belajar tentang pengetahuan umum mulai Pancasila, wawasan kebangsaan dan pelajaran lainnya seperti Bahasa Inggris, Matematika, IPA," katanya.

Untuk jumlah formasi yang diperebutkan pada penerimaan CPNS Kuansing sebanyak 260 formasi dengan rincian 139 tenaga guru, 79 tenaga kesehatan dan 49 tenaga teknis.