Aktual, Independen dan Terpercaya


Kebakaran Lahan di Talang Muandau Berhasil Dipadamkan

karhula-muandau.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, TALANG MUANDAU - Luas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di Desa Tasik Serai Barat, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau mencapai 10 hektare.

Api yang membakar area semak di lahan gambut berbatasan dengan Dusun IV Suka Damai Desa Bukit Kerikil, Kecamatan Bandar Laksamana, berhasil dipadamkan, Sabtu, 18 Januari 2020.

Meski api dapat ditaklukkan, namun Satgas Karhutla Kabupaten Bengkalis terus berjibaku melakukan pendinginan di wilayah karhutla tersebut.

Demikian disampaikan Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto melalui Kapolsek Pinggir, Kompol Firman V.W.A Sianipar kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 18 Januari 2020, petang.

"Api sudah bisa dipadamkan, dan tidak ada titik api. Namun, hari ini kita masih berada di lokasi guna melakukan pendinginan total di bekas lahan terbakar yang masih mengeluarkan asap tipis," kata Kompol Firman Sianipar.

Tambah Kompol Firman Sianipar, kebakaran terjadi di lahan gambut sejak Rabu, 15 Januari 2020 lalu dapat dipadamkan setelah Satgas Karhutla berjibaku melakukan pemadaman dan pendinginan.

"Dan kita juga melakukan pencegahan jalar api dengan pembuatan parit kanal di lokasi areal yang terbakar tersebut," tambah Kompol Firman Sianipar.

Kompol Firman Sianipar mengatakan, upaya ini juga berkat kerja keras bersama tim satgas yang tanpa lelah memadamkan api.

"Selain personil Polsek Pinggir, diperbantukan juga oleh Personil Sat Sabhara Polres Bengkalis dipimpin Kasat Sabhara AKP Basuki. Total personil Polri sebanyak 12 personil," tambahnya.

Kekuatan personil diperkuat dengan 50 orang personil antaranya dari TNI, Manggala Agni, Damkar Kecamatan Pinggir, BPBD dan RPKH PT.SPA.