Dibangun Pakai Dana APBD, Gedung Mapolda Riau Diresmikan Awal Tahun 2020

Dadang-Eko-Purwanto-pupr.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gedung Mapolda Riau yang baru dibangun akan diresmikan awal tahun 2020 mendatang. Gedung Mapolda Riau akan diresmikan ini berada di Jalan Patimura Pekanbaru bekas Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau. Gedung Mapolda Riau ini dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau 2018 sebesar Rp179 miliar.

"Untuk peresmian gedung Mapolda Riau kita jadwalkan awal tahun depan. Tapi siapa yang meresmikan itu kewenangan Polda Riau," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto, Senin 9 Desember 20219.

Pihaknya memastikan untuk pembangunan fisik gedung Mapolda Riau ini sudah selesai dibangun. Saat ini sedang dalam proses pengadaan furnitur atau meubelair. Di mana untuk anggaran pengadaan meubelair Pemprov Riau sudah mengalokasikan anggaran di APBD Riau 2019 sebesar Rp10,5 miliar.

"Pengadaan meubelair sedang berlangsung. Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah terisi, sehingga Januari 2020 bisa diresmikan dan ditempati," ujarnya.

Gedung Mapolda Riau yang baru ini dibangun dengan menggunakan APBD Provinsi Riau dan akan dihibahkan untuk lembaga vertikal, Polda Riau. Pembangunan gedung ini menelan anggaran Rp161 miliar dari pagu anggaran Rp170 Miliar yang diambil dari APBD Riau tahun 2018.

Sebelum dibangun Mapolda Riau, kawasan ini dulunya merupakan komplek Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau. Selain Mapolda Riau, Pemprov Riau juga membangun gedung untuk lembaga vertikal lainya yakni Kejati Riau dengan anggaran sebanyak Rp 90 miliar di tahun 2018 dan ditambah lagi Rp 39 miliar di tahun 2019 ini. (*)