Sosialisasi 4 Pilar, Pelajaran PMP Diusulkan Kembali Masuk Kurikulum

4-Pilar.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota MPR RI asal Riau Jon Erizal meminta seluruh masyarakat Riau untuk senantiasa menjaga empat pilar bangsa yang ada di Indonesia, yakni Pancasila, Undang-undang Dasar, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Hal tersebut disampaikan politisi PAN ini saat menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Pekanbaru, Jumat, 29 November 2019 silam.

Dalam sosialisasi tersebut, politisi yang kerap disapa JE ini terlebih dulu memaparkan tugas dan fungsi anggota MPR RI, kemudian dilanjutkan pembahasan tentang empat pilar ini.

Ketika tengah berdiskusi dengan peserta sosialisasi, JE mendapat masukan dari beberapa peserta agar kembali memasukkan pelajaran Pendidikan Moral Pancasila dalam kurikulum sekolah dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah Menengah Pertama (SMA).

Pasalnya, banyaknya para tokoh bangsa dan para pejabat negara yang tidak paham pilar-pilar kebangsaan sehingga membuat gaduh di masyarakat.

Lebih jauh, anggota Komisi XI DPR RI ini berharap hasil pemaparan dan diskusi empat pilar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta keteraturan, keselarasan serta kesejahteraan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

"Jika pengamalan Pancasila dilaksanakan dengan baik, memahami Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia secara benar, dan kita semua merawat Ke-Bhinekaan dalam Lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka akan tercipta keteraturan, keselarasan dan kesejahteraan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata JE.

Anggota DPR RI dua periode ini juga berharap peran tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, pemuda dan anggota organisasi agar aktif menjaga Keutuhan Negara melalui peran aktif memasyarakatkan empat pilar di wilayahnya.

JE yakin, apa yang ia sampaikan bisa diterapkan di tengah masyarakat karena yang menghadiri sosialisasi tersebut terdiri dari berbagai unsur masyarakat, baik aparatur pemerintahan kampung, tokoh agama, tokoh masyarakat, maupun dari unsur organisasi masyarakat.

"Jika semua berperan memasyarakatkan empat pilar ini akan membantu tercapainya tujuan Negara yaitu salah satunya memajukan kesejahteraan umum,” tambahnya.