Dewan Minta Pemerintah Fasilitasi Organisasi Antinarkoba

GANN-Riau.jpg
(Hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau fraksi Gerindra, Marwan Yohanis meminta pemerintah untuk memfasilitasi organisasi-organisasi yang siap bertarung untuk memberantas peredaran narkoba di Riau.

Pasalnya, peredaran narkoba di Riau sudah sangat mengkhawatirkan karena tidak hanya menyasar orang dewasa, namun juga anak-anak sekolah.

Hal tersebut ia sampaikan usai menggelar audiensi dengan Gerakan Anti Narkotika Nasional (GANN) di gedung DPRD Riau, Kamis, 28 November 2019.

Dalam pertemuan tersebut, GANN menjelaskan berbagai program kegiatan mereka baik di tingkat provinsi maupun kabupaten kota yang sudah terbentuk delapan di daerah.

"Kita apresiasi kehadiran GANN di Riau, kita dukung mereka dalam membina generasi muda supaya tidak terjerumus di sana, kita juga mendorong Pemda untuk peduli terhadap organisasi ini, baik dari sisi SDM maupun sumber dana," kata politisi asal Kuansing ini.

Berdasarkan program yang disampaikan oleh GANN, Marwan kemudian mengarahkan GANN ke komisi V, sebab program mereka dinilai Marwan banyak bersangkutan dengan komisi V.

"Di komisi V mereka juga sudah diberi arahan oleh ketua komisi V bapak Eddy Moh Yatim, kita harap komisi V bisa fasilitasi ke dinas-dinas seperti pendidikan, kepemudaan, kesehatan dan semuanya," tuturnya.

Tak hanya itu, Marwan juga akan memfasilitasi para aktivis anti narkoba ini ke pihak-pihak swasta supaya bisa menjadi sponsor dalam setiap kegiatan positif GANN.

Lebih jauh, menurut Marwan, peredaran narkoba saat ini sudah sangat menghawatirkan, dia sangat mengharapkan tiga unsur penting bisa mengantisipasi peredaran narkoba ini.

Tiga unsur tersebut ialah, pihak pemerintah selaku penguasa daerah, kemudian aparat kepolisian selaku pihak yang memiliki senjata, dan terakhir dari organisasi masyarakat yang ada saat ini.

"Pemerintah harus mengerahkan semuanya apakah itu SDM maupun pendanaan, lalu kepolisian yang memiliki kemampuan serta kepolisian juga harus menindaktegas jika ada oknum yang terlibat dalam permainan bandar narkoba," tambahnya.

"Yang terakhir, kita harap Ormas ini ikut membantu pemerintah dan aparat memerangi ini. Mereka harus bergerak di tengah masyarakat, menelusuri gang dan lorong, antisipasi semua pergerakan yang tidak terpantau oleh dua unsur tadi. InsyaAllah narkoba bisa kita berantas," tutupnya.