Banjir Rendam Ratusan Rumah di Rokan Hulu

banjir-rohul.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sedikitnya tiga kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu, Riau terendam banjir. Banjir yang terjadi akibat intensitas hujan yang meningkat itu merendam ratusan rumah di Kecamatan Rambah, Kecamatan Rokan IV Koto dan Kecamatan Kunto Darussalam.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gafur mengatakan sedikitnya 500 kepala keluarga terdampak banjir tersebut.

Sebagai bentuk penanganan, Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur mengatakan pihaknya telah melakukan upaya evakuasi dan pendirian tenda.

"Langkah-langkah yang kami lakukan, seperti mengevakuasi warga dan mendirikan tenda pengungsian," katanya, Senin.

Selain BPBD Riau, upaya evakuasi juga dilakukan oleh tim dari Basarnas Pekanbaru. Pada hari ini, sejumlah warga korban banjir dievakuasi tim Basarnas Pekanbaru, evakuasi warga menggunakan rubber boat.

Humas Basarnas Pekanbaru, Kukuh Widodo mengatakan, korban banjir yang dievakuasi, yakni di Desa Planduk, Kecamatan Kunto Darussalam, Rohul.

"Warga kita bantu evakuasi ke rumah-rumah saudaranya yang tidak terdampak banjir," kata Kukuh.

Kondisi banjir di Desa Planduk, sebut dia, saat ini masih parah. Ketinggian air mencapai 50 hingga 60 sentimeter.

Tim Basarnas turun ke lokasi sejak, Minggu (24/11/2019). Sampai di lokasi, tim langsung melakukan penyisiran untuk mencari warga yang memerlukan evakuasi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul Zulkifli Said menyebutkan, banjir terjadi di dua desa, yakni Desa Rambah Tengah Hulu dan Desa Tanjung Belit, Kecamatan Rambah.

"Banjir terjadi akibat luapan air Sungai Pawan, karena semalaman diguyur hujan," ujarnya

Dia mengatakan, banjir terjadi sejak Minggu dini hari tadi. Tinggi air di permukiman warga mulai dari 1,5 meter hingga tiga meter.