Ketua DPRD Riau: Bukan Ikut-ikutan DKI Jakarta, Riau Wajib Tayangkan APBD di Website

eet2.jpg
(Hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, Indra Gunawan Eet meminta Pemprov Riau segera menayangkan besaran anggaran APBD Riau di website Pemprov Riau.

"Kita setuju kalau itu dilakukan, bukan budaya ikut-ikutan ya, tapi ini demi transparansi yang lebih baik," tegas Politisi Golkar ini, Rabu, 6 November 2019.

Keterbukaan anggaran kepada masyarakat ini, kata Eet, merupakan sesuatu yang wajib bagi pemerintah. Tak hanya e-budgetting saja, Pemprov diharapkan bisa menayangkan e-planning maupun e-pokir kepada masyarakat.

"Itu kan halal, kita minta Diskominfo lah yang mengimplementasikan ini," tuturnya.

Dengan dilakukannya tranparansi anggaran seperti ini, seluruh masyarakat Riau bisa mengakses besaran APBD Riau sekaligus mengawal realisasi uang rakyat tersebut.

Sebelumnya, anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Riau, Husaimi Hamidi menilai sudah menjadi kewajiban bagi Pemerintah Provinsi Riau agar memberikan transpansi anggaran bagi masyarakat umum.

Hal tersebut dinilai Husaimi melihat keterbukaan besaran anggaran APBD Pemprov DKI Jakarta yang bisa diakses dan dilihat langsung baik besaran anggaran itu sendiri maupun realisasi anggaran.

"Wajib kita memberikan keterbukaan informasi pada masyarakat, karena itu kan uang rakyat," ujar Husaimi, Rabu, 6 November 2019.