LahanTerbakar di Logas Sudah Distacking, Diduga Untuk Perkebunan

lahan-terbakar.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAUONLINE, TELUK KUANTAN - Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Kuansing, Riau, Kamis 10 Oktober 2019 sore.

Lahan yang terbakar tersebut berada didaerah Logas, Kecamatan Singingi tepatnya tidak jauh dari Rumah Makan Anda Logas.

Lokasi lahan yang terbakar tersebut berjarak sekitar 1 kilometer dari Sekolah Dasar (SD) Logas atau berada di sebelah kiri jalan dari arah Teluk Kuantan - Pekanbaru.

Salah seorang juru padam Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kebakaran dan Penyelamatan Kuansing, Roby mengatakan, dari keterangan warga sekitar kebakaran lahan ini sudah terjadi sejak Kamis sore antara pukul 15.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Namun kita dari Damkar baru menerima informasi sekitar pukul 22.00 WIB malam. "Hampir 7 jam api baru bisa dipadamkan, selesai sekitar pukul 03.30 WIB Jumat dinihari tadi," kata Roby, Jumat 11 Oktober 2019.

Kondisi lahan yang terbakar tersebut katanya, nampaknya baru siap di stacking (pembukaan lahan) menggunakan alat berat. 
"Lahan baru di stacking belum ditanam, kabarnya milik Anggrek, Toko Mas Anggrek," ujar Roby.

Luas lahan yang terbakar sendiri katanya, karena suasananya malam diperkirakan ada sekitar dua hektar lahan yang terbakar.

"Kemungkinan ada dua hektar yang terbakar. Kalau tidak cepat dipadamkan semalam sudah hampir merambat ke kebun masyarakat," katanya.

Ada dua unit armada yang diturunkan untuk melakukan pemadaman.

"Ya subuh tadi kami baru bisa pulang, karena api sudah padam," katanya.

Petugas katanya, juga sempat mengalami kesulitan untuk memadamkan api, karena memang selain aksesnya cukup sulit, mobil juga tidak bisa terlalu mendekat.

"Tapi alhamdulillah bisa kita padamkan, kebetulan mobil kita stabay lumayan jauh dari lokasi, tapi beruntung selang kita agak panjang, dan kita juga dibantu satu unit alat berat ekscapator," katanya.

Dari fhoto-fhoto yang diupdate dihalaman facebook resmi miik Damkar Taluk Kuantan terlihat api sangat besar dan dengan cepat membakar lahan yang baru siap stacking ini.

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian. Kapolsek Singingi AKP Supriyanto yang coba dikonfirmasi melalui pesan WA Jumat 11 Oktober 2019 terkait berapa luas lahan yang terbakar, namun belum ada balasan meskipun pesan WA sudah dibaca.