Tanpa APBD, LAM Pekanbaru Buka Posko Penanganan Asap

sua-dan-lam.jpg
(Hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Pekanbaru secara resmi membuka Posko Kesehatan Penanganan Darurat Bencana Kabut Asap, di Balai adat LAM Kota Pekanbaru, Jalan Senapelan, Selasa, 24 September 2019.

Ketua MKA LAM Kota Pekanbaru, Datuk Said Usman Abdullah menjelaskan posko ini bisa dilaksanakan karena kerjasama antara LAM Kota Pekanbaru dengan PLN.

"Kita gak perlu pakai APBD, tapi kita bisa memberi pelayanan kesehatan yang layak ke masyarakat Pekanbaru," ujar pria yang kerap disapa SUA ini.

Dikatakan SUA, bencana kabut asap sudah melanda Pekanbaru beberapa mingu belakangan sehingga menyebabkan ribuan masyarakat terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Dalam posko ini, dijelaskannya, tersedia lima kursi untuk melayani masyarakat yang mengalami gangguan pernapasan.

Tak hanya itu, posko ini juga dilengkapi dengan berbagai peralatan pendukung lainnya seperti tabung oksigen, dokter, obat-obatan, vitamin hingga konsumsi pengungsi.

Mantan anggota DPRD Pekanbaru tiga periode ini menghimbau agar seluruh pihak, baik eksekutif, legislatif bahkan LSM bisa mendirikan posko-posko kesehatan dengan fasilitas lengkap dan bukan sekedar posko saja.

"Jangan bagi-bagi masker aja, kalau masker masyarakat bisa beli sendiri. Buat posko yang bisa menangani berbagai persoalan akibat asap ini. Semua pelayanan gratis dan utamakan yang kurang mampu," pungkasnya.