Kabut Asap Kian Parah, DPRD: Jangan Ada Kepala Daerah Tinggalkan Masyarakat

Indra-Gunawan-dan-Parisman.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau fraksi Golkar Parisman Ikhwan mengingatkan agar kepala daerah yang ada di provinsi Riau untuk tidak meninggalkan masyarakat di tengah kondisi asap parah sekarang.

"Dengan kondisi seperti ini, kami harap pejabat daerah untuk tidak meninggalkan Riau sekarang," ujar politisi yang kerap disapa Iwan Fattah ini, Senin, 23 September 2019.

Iwan menambahkan, pemerintah harus memperketat izin-izin korporasi yang lahannya ikut terbakar. Golkar Riau sendiri akan mencoba meneruskan regulasi terkait Karhutla melalui fraksi Golkar di DPR RI.

Hal senada juga disampaikan oleh calon ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet, menurut Eet peran pejabat daerah apalagi kepala daerah sangat penting disaat seperti sekarang ini.

"Bagaimana memaksimalkan peran mereka (kepala daerah) di sini, kami dari DPRD juga akan membuat tim khusus, tim yang tersistematis untuk menangani asap ini," tuturnya.

Tak hanya dari Golkar saja, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Provinsi Riau, Agung Nugroho juga menyampaikan hal serupa. Ia meminta agar kepala daerah berkomitmen penuh untuk tidak meninggalkan Riau.

Apalagi kepala daerah ini pergi dengan tujuan ke luar negeri saat terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Dilanjutkan Agung, masyarakat saat ini sudah menderita dengan kabut asap. Ini dibuktikan dengan bertambah banyaknya korban berjatuhan mulai sesak nafas, batuk-batuk bahkan ada bayi yang meninggal dunia

"Kita minta komitmen kepala daerah dan juga anggota dewan, tidak ada yang meninggalkan Riau untuk ke luar negeri, rakyat butuh pemimpinnya di sini," tutup Agung.