Aktual, Independen dan Terpercaya


Pekan Depan Pemprov Riau Buka Pendaftaran Seleksi Calon Sekdaprov Riau

Kepala-BKD-Provinsi-Riau-Ikhwan-Ridwan.jpg
(Azhar Saputra)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengklaim sudah mendapatkan izin dari Kementrian Dalam Negeri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menggelar asesmen calon Sekdaprov Riau. Seperti diketahui, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mencopot Ahmad Hijazi dari jabatan Sekdaprov Riau, Rabu 14 Agustus 2019 lalu. Saat ini jabatan Sekdaprov Riau dijabat sementara oleh Ahmad Syah Harrofie sebagai PJ Sekdaprov Riau.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Ikhwan Ridwan, Kamis 29 Agustus 2019 mengatakan, pendaftaran seleksi calon Sekdaprov Riau diperkirakan akan dibuka pekan depan. Namun Ikhawan belum bisa memastikan kapan tanggal pastinya pendaftaran selelsai Sekdaprov Riau ini akan dibuka. Sebab dirinya masih ingin bertemu dengan Gubernur Riau untuk penetapan pembukaan pendaftaran asesmen Sekdaprov Riau.

"Nanti saya lapor Pak Gubernur dulu, setelah itu baru kita umumkan kapan mulai dibuka pendaftarannya," ujarnya.

Saat ini tim Pansel untuk menseleksi calon Sekdaprov Riau sudah dibentuk dan sudah mendapatkan SK dari Gubenur Riau. Tim Pansel terdiri dari unsur pemerintahan, kemudian akademisi dan dari tokoh masyarakat.

"Tim Panselnya sudah dibentuk, kita juga sudah mendapatkan izin dari Komisi ASN dan kementrian dalam negeri untuk menggelar asesmen Sekda," kata Ikhwan.

Namun sayang Ikhwan tidak bersedia membeberkan nama-nama anggota tim Pansel Calon Sekdaprov Riau yang sudah di SK kan oleh Gubernur Riau tersebut.

Ikhwan mengungkapkan, proses pendaftaran asesmen berlangsung selama 15 hari. Setelah itu baru masuk ke tahap selanjutnya. Yakni seleksi administrasi, tes kemampuan bidang, wawancara dan uji kompetensi serta manegerial.

"Nanti tim Pansel baru mengusulkan tiga nama peraih nilai tertinggi untuk disampaikan ke Pak Gubernur. Dari tiga nama inilah nanti yang diputuskan oleh pak Gubernur siapa Sekda yang akan ditunjuk," jelasnya.

Ikhwan mengungkapkan, jika tidak ada kendala tahapan asesmen Sekdaprov Riau diperkirakan akan tuntas akhir September mendatang. Sehingga Sekdaprov Riau yang baru hasil seleksi ini sudah bisa dilantik di Oktober mendatang.

"Perkiraan kita pertengan Oktober itu Sekda yang baru sudah dilantik," kata Ikhwan. (*)