Wabup Zardewan Irup HUT RI di Riau Komplek RAPP

Upacara-RAPP.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PANGKALAN KERINCI - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-74 di Riau Kompleks PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Sabtu (17/8) berlangsung hikmat. Wakil Bupati Pelalawan, Drs H Zardewan bertindak selaku inspektur upacara yang digelar di Lapangan Merdeka, Riau Kompleks, Townsite 1, Pangkalan Kerinci, Pelalawan.

Dalam amanatnya, Zardewan mengatakan tema yang diangkat oleh pemerintah tahun ini adalah "Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia Maju. Hal ini berarti bangsa Indonesia harus merayakan kebersamaan dan meningkatkan kerja yang lebih baik lagi.

"Saat ini pemerintah sedang meningkatkan berbagai infrastruktur baik fisik maupun non fisik yang menjadi pendukung pembangunan manusia," jelas Zardewan.

Pemerintah mendukung menciptakan sumber daya unggul untuk mewujudkan RIau ke depan yang lebih baik. Ia yakin potensi Riau yang didukung oleh berbagai Industri di Riau dapat menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0.

"Sebelumnya kita merayakan HUT Provinsi Riau ke-62 tahun. Tema yang diangkat adalah Riau Hijau Bermartabat, diharapkan semua warga Riau turut mendukung untuk tercapainya hal tersebut," ungkapnya.


Disamping itu, lanjut Zardewan, saat ini Riau juga meningkatkan pembelajaran budaya Melayu agar tidak tergerus zaman. Hal itu telah dilakukan sejak siswa sekolah dasar.

Direktur RAPP, Mhd Ali Shabri mengatakan perusahaan terus berupaya berkontribusi dalam peningkatan kualitas SDM yang ada, baik karyawan maupun masyarakat. Berbagai macam pelatihan dan keahlian secara rutin diberikan kepada karyawan untuk meningkatkan kemampuannya. Termasuk kepada masyarakat, pihaknya juga memberikan berbagai jenis pelatihan keahlian sebagai entrepreneur, yang berujung pada kemandirian ekonomi masyarakat.

"Adanya hal tersebut, dapat membuat Riau menjadi lebih maju. Perusahaan terus komit terhadap SDM yang ada di Riau dengan memberikan dukungan pendidikan mulai dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi. Baru-baru ini perusahaan memberikan dukungan terhadap pembelajaran muatan lokal, yakni budaya Melayu agar terus lestari hingga anak cucu nanti," kata Ali.

Suasana kemerdekaan terlihat begitu meriah di kompleks perumahan karyawan RAPP ini. Berbagai perlombaan olahraga hingga turnamen sepakbola antar karyawan digelar di estate di lima Kabupaten di Riau.

Bahkan, jauh-jauh hari karyawan dan warga Riau Kompleks sudah mempersiapkan banyak kegiatan seperti menghias lingkungan rumah dengan suasana kemerdekaan.

Sederetan bendera merah putih dipasang di lapangan perumahan menambah keceriaan HUT RI tahun ini. Selain itu, hiasan pohon berdaun merah putih dibuat sedemikian rupa menjadi daya tarik warga untuk berswafoto. Lapangan dengan dekorasi terbaik akan mendapatkan hadiah menarik dari panitia pelaksana. (Rls)