3 Bahaya Tidur Tengkurap

tidur-tengkurap.jpg
(net)

RIAUONLINE - Bagi setiap orang, tentunya memiliki posisi tidur yang disenangi agar dapat tidur dengan nyaman dan nyenyak. Ada yang tidur telantang, adapula tidur miring. Namun tak jarang pula yang suka tidur tengkurap.

Namun pakar mengingatkan untuk tidak tidur dengan posisi tengkurap . Dikutip dari Go-dok.com, tidur tengkurap memiliki beberapa bahaya bagi kesehatan. Apa saja?

1. Punggung dan tulang belakang

Keseringan tidur tengkurap membuat tubuh sering terasa nyeri, terutama di bagian punggung dan tulang belakang. Hasilnya, kualitas tidur akan berkurang, dan Anda tidak terbangun dengan perasaan segar di pagi hari.

Tidur dengan posisi tengkurap artinya Anda menempatkan ketegangan di bagian tulang belakang dan punggung. Hal ini dikarenakan sebagian besar berat badan Anda terletak di bagian tengah tubuh.

Tekanan pada tulang belakang Anda juga akan meningkatkan tekanan pada bagian struktur tubuh lainnya. Selain itu, karena tulang belakang yang memanjang merupakan semacam aliran pipa bagi syaraf-syaraf tubuh Anda, maka tekanan di bagian tersebut dapat menyebabkan rasa sakit di area tubuh bagian manapun.


2. Leher

Saat tidur tengkurap, kepala otomatis akan dimiringkan ke kanan atau kiri agar tidak mengganggu pernapasan. Hal ini membuat risiko leher terpelintir menjadi sangat besar.

Posisi tidur tengkurap juga berisiko membuat seseorang mengalami herniated disk, yakni gangguan saraf belakang yang bisa membuat iritasi saraf Anda.

3. Janin dan kandungan

Ibu hamil dilarang keras untuk tidur tengkurap karena berbahaya bagi janin dan kandungan. Berat badan ekstra saat hamil berisiko menekan tulang punggung, yang akan semakin parah jika tidur tengkurap.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa posisi tidur terbaik saat hamil adalah tidur menyamping. Posisi ini akan memperlancar peredaran darah dan menyediakan level oksigen secara optimal bagi bayi di dalam kandungan.

Sebaliknya, saat tidur tengkurap, peredaran darah tidak berjalan lancar dan asupan oksigen untuk bayi otomatis menjadi berkurang.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Sering Tidur Tengkurap, Ini Bahayanya Bagi Tubuh.