H-2, Paskibra Beri Hormat Pada Duplikat Sang Saka Merah Putih

paskibra.jpg
(Azhar)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dua hari menjelang peringatan kemerdekaan RI, seluruh pasukan pengibar bendera provinsi Riau memberikan penghormatan terakhirnya kepada duplikat sang saka merah putih.

Satu persatu petugas pasukan 17 ini berbaris saling berhadapan di dalam gedung kantor gubernur memberikan penghormatannya kepart bendera.

Bendera yang memiliki ukuran 3x2 meter tanpa jahitan dengan bahan sutra ini dikatakan oleh salah satu pembina paskibra Riau 2018 yang diwakili oleh Kordinator pasukan pengibar bendera (Paskibra) Riau 2018, Kapten Kes Suharno ialah untuk memberikan kesuksesan saat pelaksanaan penaikkan ataupun penurunan bendera nanti.

"Ini bukan apa-apa, tapi ini untuk memberikan motivasi melalui adik-adik kita supaya nanti pelaksanaannya sukses dan berhasil," katanya di kantor gubernur Riau, Selasa, 15 Agustus 2018.

Karena kondisinya yang sudah lapuk dan menguning, pemerintah provinsi Riau sejak tahun 2017 silam sudah tidak lagi mempergunakan bendera tanpa jahitan ini untuk kegiatan upacara apapun.

Pada zaman Presiden SBY, setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki satu duplikat sang saka merah putih untuk dikibarkan di kantor gubernur masing-masing.

Namun kini, karena sudah tidak layak kibar keberadaannya di Riau tengah dijaga dengan cara mempetiemaskannya.