Pilgub Riau, LAM Ingatkan Masyarakat Tidak Golput

Al-Azhar-Ketua-Lembaga-Adat-Melayu-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/RIZKI KURNIAWAN)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Enam hari menjelang pemungutan suara pemilihan Gubernur Riau 2018, Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau mengingatkan kepada masyarakat Riau untuk memanfaatkan kesempatan sekali dalam lima tahun itu dengan baik dalam mempergunakan hak pilihnya.

"Kami mengharapkan kepada masyarakat Riau untuk dapat menggunakan hak suaranya dalam pemilihan Gubernur 2018," kata Ketua umum Majelis Kerapatan Adat LAM Riau, Al Azhar, Jumat, 22 Juni 2018.

Menurutnya, imbauan ini berdasarkan hasil dari warkah petuah amanah LAM Riau yang berlangsung antara Majelis Kerapatan Adat bersama dengan Dewan Pimpinan Harian LAM Riau pada 6 Juni 2018 silam.

"Sehingga hasilnya bahwa kami LAM Riau mendukung penuh pelaksanaan pemilihan Gubernur Riau 2018," tegasnya.


Tambahnya, Selama tahapan pilkada Gubri berlangsung, mereka sama sekali tidak berpihak kepada salah satu dari empat pasangan calon yang juga turut diusung oleh partai politik besar tanah air.

"Sehingga kami juga tidak pernah menganjurkan kepada masyarakat untuk memilih salah satu paslon yang sebentar lagi tahapan pilkada ini akan memasuki tahap pencoblosan," tegasnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAM Riau, Syahril Abubakar menambahkan waktu yang kini semakin mendekati hari pencoblosan diharapkannya kepada seluruh pihak baik yang tengah berlaga termasuk masyarakat untuk dapat menjaga keamanan sampai terpilihnya satu pasangan yang nanti menjadi Gubernur Riau selama lima tahun kedepan.

"Juga kepada semua pihak untuk tidak melakukan politik uang, politik transaksional sampai melakukan kampanye hitam," tutupnya.