3 Terduga Teroris di Unri Berencana Ledakkan Gedung DPRD Riau dan DPR RI

alat-bukti-bom.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Yan)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tiga terduga teroris yang ditangkap oleh Detasemen Khusus 88 Antiteror bersama dengan Polda Riau di kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Riau menargetkan untuk meledakkan bom di gedung DPR RI serta DPRD Provinsi Riau. 

"Berdasarkan hasil pemeriksaan akan diledakkan di DPRD dan DPR RI," kata Kapolda Riau, Irjen Pol Nandang dalam keterangan pers di Pekanbaru, Sabtu malam (2/6).

Tiga orang terduga teroris masing-masing berinisial Z, B, dan K ditangkap tim gabungan di Gedung Gelanggang Mahasiswa, Kampus Fisip, Universitas Riau, Sabtu siang.

Nandang menyebut ketiga terduga tersebut merupakan alumni jurusan Pariwisata, Komunikasi dan Administrasi Negara tahun angkatan 2002 hingga 2005 di Fisip, Univeritas Riau.

Dari tangan ketiganya, Polisi menyita empat unit bom rakitan yang menurut Nandang memiliki daya ledak tinggi. Selain itu, Polisi juga menyita sejumlah serbuk-serbuk bahan pembuat bom dari gedung yang sejatinya merupakan sekretariat bersama kelembagaan mahasiswa tersebut.

Lebih jauh, Nandang menjelaskan bahwa ketiga terduga teroris itu sengaja menggunakan Kampus untuk menutupi jejak mereka, terutama dalam merakit bom.

"Kebetulan barang bukti ini dirakti di sekretariat kelembagaan Gelanggang Mahasiwa. Sementara mereka numpang tidur di mess Mapala Sakai selama sebulan (selama perakitan bom)," ujarnya.

Nandang mengaku bersyukur bahwa Polisi berhasil menggagalkan upaya tersebut sehingga tidak menimbulkan korban jiwa akibat perbuatan yang termasuk kejahatan luar biasa tersebut.

"Kita bersyukur malam ini Tuhan menunjukan kepada kita sehingga tidak terjadi korban sia-sia," tuturnya.

Saat ini ketiga terduga telah diamankan di Mapolda Riau guna menjalani pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut.