Tenaga Kesehatan di Kuansing Diprioritaskan Terima Vaksin

vaksin-kuansing.jpg
(robi)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sebanyak 1.000 vaksin Covid-19 buatan Sinovac tiba di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Kamis siang, 14 Januari 2021, sekitar pukul 11.30 WIB.

Kedatangan vaksin mendapatkan pengawalan ketat anggota Polri dan TNI disambut Bupati Kuansing, H Mursini serta Forkopimda. Vaksin tersebut langsung dibawa menuju Instalasi Farmasi milik Dinas Kesehatan Kuansing yang berada di komplek perkantoran Pemkab Kuansing.

"Alhamdulillah vaksin sudah tiba dengan aman di Kuansing. Vaksin akan disimpan di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan," ujar Bupati Mursini kepada wartawan, Kamis, 14 Januari 2021.

Bupati mengatakan, 1.000 vaksin yang datang tersimpan dalam dua cold chain, dan satu cold chain berisi 25 kotak dan setiap kotak ada 40 vaksin Sinovac didalamnya.

"Vaksin Sinovac saat diterima masih tersimpan dalam cold chain yang suhunya 4,5 derajat," kata Bupati.

Dikatakan Bupati, vaksin ini nantinya akan di kirim ke seluruh Puskesmas, dan akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. "Jadwal pemakaian, bulan Februari mendatang," ujar Bupati.

Selain untuk tenaga kesehatan, kata Bupati, pemakaian vaksin Sinovac diawali terhadap 10 orang pejabat termasuk Forkopimda, juga tokoh masyarakat dan ketua asosiasi.

"Saya (bupati,red), pak Kapolres, pak Pabung, ketua asosiasi seperti IDI siap divaksin. Meski begitu, sebelum divaksin akan diperiksa kesehatannya dulu. Apakah bisa divaksin atau tidak," ungkapnya.

Ini menurut Bupati untuk menyakinkan masyarakat agar jangan takut untuk di vaksin. "Untuk kehalalan dan keamanan vaksin, sudah ada rekomendasi halal dari MUI dan BPOM RI," katanya.

Meskipun sudah di vaksin nanti, Bupati berharap kepada semua pihak untuk tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan. "Jangan sampai setelah sudah divaksin protokol kesehatan dilanggar," pungkasnya.