Semua Pasien Covid-19 di Puskesmas Sentajo Raya Sudah Pulang

swab-kuansing.jpg
(FB: Anna Nurfia)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Puskesmas Sentajo Raya yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Kuansing sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 sejak, Kamis, 17 September 2020 kemarin sudah kosong dari Pasien Covid-19. Pasien positif Covid-19 di Puskesmas tersebut sudah pulang semua Kamis sore.

"Sejak Kamis sore semua pasien sudah pulang, dan dilanjutkan isolasi mandiri di rumah masing-masing," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kuansing, Helmi Ruspandi, Sabtu, 19 September 2020 kemarin.

Sebelumnya, Puskesmas Sentajo Raya disiapkan sebagai tempat isolasi mengingat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Kuantan penuh pasien Covid-19. Kapasitas Puskesmas Sentajo Raya bisa menampung 14 orang pasien positif Covid-19 menjalani isolasi.

Puskesmas tersebut sempat dihuni pasien konfirmasi positif dari klaster Bank Mandiri Syariah (BSM) Cabang Teluk Kuantan. Dimana ada 27 orang dari klaster BSM ini terkonfirmasi positif sebelumnya. Mereka diduga tertular dari pimpinan Bank Mandiri Syariah yang lebih dulu terpapar Covid-19.

Kini, sebagian besar karyawan BSM tersebut sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. "Masih ada beberapa yang positif, kini menjalani isolasi di rumah. Berapa jumlahnya saya lupa datanya," kata Helmi.

Untuk pengawasan katanya, petugas setiap hari melakukan giat mengecek kondisi pasien dengan berkomunikasi melalui handphone atau pesan WA. "Pasien yang belum sembuh petugas komunikasi via telepon," katanya.