Satu Warga Meninggal Akibat Covid-19, Pasar Jumat Sentajo Raya Ditutup Sementara

Positif-Corona.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Aktivitas jual beli yang biasa digelar setiap hari Jumat di Desa Marsawah, Kecamatan Sentajo, Raya Kabupaten Kuansing, Riau harus tutup untuk sementara waktu.

Pasar tersebut akan tutup untuk dua pekan berturut-turut Jumat, 7 Agustus 2020 dan Jumat, 14 Agustus 2020 menyusul salah satu warga meninggal terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Desa Marsawah, Kecamatan Sentajo Raya, Muktar mengatakan, penutupan pasar tersebut setelah pemerintahan desa melakukan koordinasi dengan Pemerintahan Kecamatan, Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat.

Penutupan pasar tersebut juga dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khusus di Desa Marsawah dan umumnya Kabupaten Kuansing.

Seluruh aktivitas di pasar yang jatuh pada hari Jumat setiap minggunya dihentikan untuk sementara waktu. "Pasar ditutup untuk dua kali hari pasar setiap Jumat," kata Muktar, Rabu, 5 Agustus 2020.

Surat Edaran tentang penutupan pasar di hari Jumat di desa Marsawah juga diketahui BPD, Ketua Relawan Covid-19, Babhinkamtibmas, Babinsa, Direktur Bumdes dan Ketua Pasar.

"Kita sudah umumkan supaya pedagang untuk dua kali hari pasar pada Jumat untuk tidak berjualan dulu begitu juga pembeli untuk tidak dulu datang ke pasar," katanya.

Kades mengaku masih tidak percaya ada warganya terkonfirmasi positif Covid-19. "Sebetulnya bukan corona, tapi kok di Pekanbaru corona, bingung juga kita jadinya" katanya.

Namun pihaknya tetap mengikuti anjuran pemerintah agar penyebaran Covid-19 ini tidak meluas. "Rencana besok pagi (Kamis, red) akan ada swab," katanya.