Tes Swab di Puskesmas Teluk Kuantan Tidak Ada Hubungan Dengan Kasus Positif Covid-19

swab-kuantan-tengah.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO 

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Kuansing, Riau menyatakan kegiatan test swab Covid-19 di Puskesmas Teluk Kuantan tidak ada hubungan dengan adanya kasus positif Covid-19 di Kecamatan Kuantan Tengah.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kuansing, Jumardi, kegiatan tes swab dilakukan hanya terhadap orang berstatus orang dalam pengawasan (ODP) di Kecamatan Kuantan Tengah.

"Jadi tidak ada hubungan dengan kasus positif Covid-19 di Kuantan Tengah," ujar Jumardi dihubungi Riau Online, Jumat, 26 Juni 2020.

Dia mengatakan, dari kegiatan tes swab tersebut ada sekitar 71 orang yang diambil sampelnya. Sampel yang diambil tersebut adalah lendir dari hidung dan tenggorokan.

"Jadi untuk pemeriksaan awal ada dua cara yang dilakukan, bisa rapid test bisa melalui swab test. Kalau kemarin itu swab test terhadap 71 orang berasal dari laporan ODP," terang Jumardi.

Rencana, kata Jumardi, setiap Puskesmas nanti akan melakukan kegiatan yang sama melakukan swab test terhadap orang yang masuk dalam laporan ODP. "Rencana setiap puskesmas kita menunggu alat dari Provinsi," katanya.

Sementara Kepala Puskesmas Teluk Kuantan, Mimi Saswita yang beberapa kali dihubungi Riau Online pada Jumat kemarin tidak ada memberi jawaban terkait pelaksanaan kegiatan tersebut, meskipun nomor handphone yang bersangkutan aktif.