Sering Amblas, Jalan Di Bukit Kauman Kuantan Mudik Akan Dibangun Parit Beton

jalan-amblas.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO


RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kuansing bersama Satuan kerja (Satker) Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (Satker P2JN) Provinsi Riau turun meninjau jalan amblas di desa Bukit Kauman, Kecamatan Kuantan Mudik, Sabtu sore, 30 Mei 2020.

Jalan tersebut merupakan ruas jalan kabupaten akses dari Lubuk Jambi - Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan. Lokasi jalan amblas berada di salah satu tanjakan di desa Bukit Kauman. Meskipun sering dapat perbaikan tetap saja jalan ini selalu amblas karena terjadi pergeseran tanah di bawah permukaan badan jalan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kuansing melalui Kepala Bidang Bina Marga Kuansing, Jafrison mengatakan, jalan tersebut amblas akibat kondisi tanah yang labil berada di bawah permukaan jalan.

Dia mengatakan, tanah di bawah jalan mengalami pergeseran sehingga badan jalan selalu saja turun bergeser ke sebelah kiri jalan apabila dari Lubuk Jambi menuju Lubuk Ambacang.

"Kita sudah turun bersama P2JN bagaimana cara mengatasi jalan ini, karena lama-lama bisa berpengaruh kepada jembatan gantung," ujar Jafrison, Minggu pagi, 31 Mei 2020.

Dikatakan Jafrison, solusinya pihaknya akan mencoba membangun parit beton disebelah kanan jalan dari arah Lubuk Jambi - Lubuk Ambacang sepanjang 100 meter.

"Kalau kita gali saluran itu harus dibangun parit beton, jadi air mengalir tidak lagi masuk ke gorong-gorong yang sudah patah dan kemungkinan tersumbat," katanya.

Namun untuk pembangunan parit beton ini, kata Jafrison, tentunya harus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat, karena akan ada tanah masyarakat yang terdampak pembangunan parit beton ini.

"Kita akan fokus menangani ini, sekarang kita mulai menghitung berapa anggarannya. Kemungkinan ada gorong-gorong yang sudah patah dibawah jalan yang harus dibongkar," katanya.

Setelah parit beton ini terpasang, kata Jafrison, nanti baru akan dipasang bronjong disamping kanan jalan. "Kalau sudah stabil sudah terpasang parit beton baru dipasang bronjong, mudah-mudahan nanti ruas jalan ini tidak amblas lagi," pungkasnya.