Seorang Remaja Putri Tambah Daftar PDP di RSUD Teluk Kuantan, Satu Dipulangkan

dr-amel.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Jumlah pasien berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid 19 di RSUD Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing, Riau bertambah satu lagi.

"PDP ada tambahan satu, masuk siang tadi sekitar pukul 11.00 WIB," ujar salah satu Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Kuansing, dr Amelia Nasrin melalui keterangan resminya melalui grup Whatshapp Gugus Covid 19, Rabu malam.

Satu PDP yang baru masuk tersebut adalah remaja putri berinisial G (15) tinggal di Kecamatan Kuantan Tengah. G (15) masuk RSUD Teluk Kuantan pada Rabu, 15 April 2020, sekitar pukul 11.00 WIB siang tadi.

Disampaikan Amel, saat masuk RSUD Teluk Kuantan G (15) ini kondisinya agak berat dengan diagnosis mengalami anemia berat karena pendarahan, pneumonia dan CKD Stage 5 (Chronic Kidney Desease).

"Rencana akan dilakukan tranfusi darah 6 kantong. Pemeriksaan swab terhadap G ini sudah diambil tadi," kata Amel.

Amel juga membenarkan kalau G (15) ini sebelumnya masuk data Orang Dalam Pemantauan (ODP) karena pulang dari luar daerah.

"Ya pak, Dia mondok disalah satu pesantren di Pekanbaru dan dijemput orang tuanya pada 5 April 2020 lalu karena sakit," kata terang Amel.

Kondisi waktu itu terang Amel, saat dijemput sudah lemah dan pucat. "Dirumah sudah isolasi mandiri sampai tadi berobat ke salah satu Klinik dan akhirnya langsung dirujuk ke RSUD," pungkasnya.

Kemudian disampaikan Amel, selain ada satu PDP yang baru masuk, pada Rabu sore tadi juga ada satu PDP di RSUD Teluk Kuantan yang sudah dipulangkan.

Satu PDP yang dipulangkan tersebut adalah MT (15) laki-laki warga Kecamatan Logas Tanah Darat. MT (15) dipulangkan dengan kondisi klinis sudah membaik. "Sudah dipulangkan dan dilanjutkan dengan isolasi mandiri dirumah sambil menunggu hasil swab keluar," kata Amel.

Kini kata Amel total ada dua pasien berstatus PDP yang dirawat diruang isolasi di RSUD Teluk Kuantan. Satu G (15) asal Kuantan Tengah dan satu lagi Nyonya S (49) perempuan asal Kecamatan Logas Tanah Darat kondisi klinis ada perbaikan.

Dari hasil labor masih MODS (Multiple Organ Dysfungtion Syndrom) atau kegagalan fungsi beberapa organ seperti ginjal dan hati terganggu. Kemudian ditambah AKI (Acute Kidney Infection), Hepatic Disfungsi, dan Diabetes Millitus Tipe 2 Terkontrol Insulin.

"Nyonya S (49) ini juga masih menunggu hasil pemeriksaan swab keluar," kata Amel.

Dengan tambahan satu PDP pada Rabu, 15 April 2020, total PDP di Kuansing berjumlah 7 orang. Dengan rincian 1 sembuh, 2 masih dirawat, 2 PDP sudah dipulangkan, dan 2 PDP meninggal dunia.

Amel juga membenarkan kalau total PDP di Kuansing sampai dengan Rabu, 15 April 2020, sudah 7 orang."Ya pak (total PDP sudah 7,red)," tutup dr Amel.

Sementara berdasarkan data Covid 19 Kabupaten Kuansing update, Rabu, 15 April 2020 pukul 08.00 WIB, total orang dalam pemantauan (ODP) 1.854 dengan rincian ODP yang masih dalam pemantauan 817 dan ODP selesai dilakukan pemantauan sebanyak 1.037.

Sementara total PDP di Kuansing ada 6 dengan rincian 2 PDP masih dirawat, 2 PDP sehat dan pulang, dan 2 PDP meninggal dunia. Data tersebut memang belum diperbarui dan akan diperbarui setiap pukul 08.00 WIB setiap harinya.

-->