Cegah DBD Meluas, PBK Kuansing Minta Pemerintah Turun Lakukan Fogging

pasien-dbd.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Untuk mencegah meluasnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemuda Batak Kuansing (PBK) minta pemerintah melalui Dinas terkait turun melakukan pengasapan (fogging).

"Supaya tidak menyebar kita minta dilakukan fogging," ujar Ketua PBK Kuansing, Hardianto Manik usai melihat ada warga Sinambek dalam dan warga jalan Raflesia RT 02 RW 02 Kelurahan Sungai Jering dirawat diduga terkena DBD di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Kuantan, Minggu, 8 Maret 2020.

Satu warga kata Anto yang sebelumnya ikut dirawat karena diduga menderita DBD sudah dibolehkan pulang dan dua lagi masih dalam perawatan di RSUD Teluk Kuantan.

"Satu masih kelas 3 SD dan dua lagi masih balita. Salah satunya sudah dibolehkan pulang," kata mantan ajudan Kapolres Kuansing ini.

Menanggapi hal itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kuansing melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Jumardi mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan baik dari Puskesmas maupun RSUD ada pasien dirawat akibat DBD warga Kelurahan Sungai Jering.

"Seharusnya ketika ada pasien dinyatakan positif terjangkit DBD, Puskesmas maupun RSUD segera melapor kepada Dinas, sehingga kita bisa langsung mengambil tindakan turun melakukan penyelidikan epidemiologi (PE)," kata Jumardi ketika dihubungi Riau Online, Minggu malam.

Karena menurut Jumardi masing-masing Puskesmas maupun RSUD sudah disiapkan semacam plat form untuk diisi apabila ditemukan ada pasien positif terjangkit DBD dan setelah itu langsung dilaporkan ke Dinas supaya bisa secepatnya diambil tindakan.

"Untuk wilayah Sungai Jering kalau daerah sekitar SD itu Puskesmas Kari yang turun melakukan PE," katanya.

Memang, tindakan fogging (pengasapan) pada nyamuk Aedes Aegypti pembawa virus DBD adalah salah bentuk pencegahan penularan dan penyebaran DBD.

Sebenarnya yang paling efektif mencegah terjadinya penyakit DBD dengan melakukan pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus berupa Menguras tempat penampungan air, Mengubur barang bekas dan Menutup tempat peanmpungan air secara rutin.