Masyarakat Hulu Kuantan Dambakan Gedung Baru Puskesmas Rawat Inap

satria-mandala.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Masyarakat Kecamatan Hulu Kuantan berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Kuansing, Riau meningkatkan fasilitas kesehatan di Kecamatan Hulu Kuantan dengan membangun gedung baru untuk Puskesmas Rawat Inap Tahun 2021.

Aspirasi masyarakat tersebut disampaikan langsung anggota DPRD Kuansing Satria Mandala Putra pada acara Musrenbang Kecamatan di Hulu Kuantan, Rabu, 5 Februari 2020.

Acara Musrenbang Kecamatan Hulu Kuantan langsung dihadiri Bupati Kuansing, Mursini dan pejabat dilingkungan Pemkab Kuansing. Juga hadir Camat Hulu Kuantan beserta Upika, pemerintahan desa, BPD, tokoh masyarakat dan masyarakat.

"Yang sangat prioritas itu masyarakat menginginkan pembangunan gedung baru untuk Puskesmas Rawat Inap di Hulu Kuantan," ujar politisi PDIP Kuansing ini.

Satria berharap kedepan pemerintah meningkatkan status Puskesmas Hulu Kuantan menjadi Puskesmas Rawat Inap dengan membangun gedung baru.

"Kini Puskesmas Hulu Kuantan statusnya masih rawat jalan, masyarakat ingin ini ditingkatkan menjadi Puskesmas Rawat Inap dan dibangun gedung baru," katanya.

Dia mengatakan, untuk lahan pembangunan gedung baru nanti sudah tersedia berada disekitar bangunan Puskesmas saat ini. "Lahan Puskesmas yang ada saat ini cukup luas, dan bisa dibangun gedung baru untuk Rawat Inap," katanya.

Menurut Satria selama ini masyarakat di Hulu Kuantan cukup jauh apabila harus mendapatkan perawatan terutama rawat inap harus ke Lubuk Jambi atau ke Rumah Sakit di Teluk Kuantan.
"Kalau sudah ada Rawat Inap disini (Hulu Kuantan,red) tentu masyarakat tidak lagi harus jauh dirawat dan bisa dirawat di Puskesmas yang ada," katanya.

Selain itu bidang pendidikan masyarakat sangat berharap dibangun gedung baru untuk SD di Sumpu. "Kondisinya sekarang cukup memprihatinkan, loteng sekolah ini sudah cukup parah. Kita minta ini jadi perhatian serius pemerintah," katanya.

Kemudian dibidang infrastruktur masyarakat juga mengusulkan peningkatan ruas jalan di Inuman dan Sumpu. "Masih ada sekitar 2 kilo yang belum teraspal disana, kita minta ini juga jadi prioritas oleh pemerintah nanti," pungkasnya.

Satria berharap kepada pemerintah agar kue pembangunan untuk Kecamatan Hulu Kuantan lebih besar lagi dari tahun ini. "Tentunya tahun 2021 kita harapkan kue pembangunan untuk Hulu Kuantan lebih besar lagi," pungkasnya.

-->