Laporan Sementara, 66 Desa di Kuansing Terendam Banjir

banjir-kuansing-meluas.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Laporan sementara yang berhasil dihimpun RIAUONLINE.CO.ID dua hari banjir melanda sejumlah Kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau akibat meluapnya air Sungai Kuantan terjadi sejak, Senin, 9 Desember 2019.

Hingga Selasa, 10 Desember 2019 sore ada sekitar 66 Desa di 7 Kecamatan di Kabupaten Kuansing yang terdampak banjir luapan air Sungai Kuantan akibat tingginya curah hujan beberapa minggu terakhir.

Kecamatan yang terparah terdampak banjir di antaranya mulai Kuantan Mudik, Kuantan Tengah, Benai, Pangean, Kuantan Hilir Seberang, dan Kuantan Hilir. Sementara di Kecamatan Cerenti air kabarnya mulai menggenangi pemukiman masyarakat.

Sementara tiga Kecamatan lagi yang ikut terdampak banjir diantaranya Gunung Toar, Sentajo Raya, Inuman hingga Selasa sore belum ada laporan diterima RIAUONLINE.CO.ID. Meskipun masing-masing Camat sudah dihubungi.

Laporan dari Kecamatan Kuantan Tengah ada sekitar 12 desa yang terdampak banjir dan merendam sekitar 400 rumah serta merendam puluhan hektar lahan persawahan.

Berdasarkan laporan Camat Kuantan Tengah Agus Siswanto, desa yang terdampak banjir di antaranya Desa Munsalo 110 rumah, Pulau Baru 98 rumah, Seberang Taluk Hilir 50 rumah dan 50 hektar lahan persawahan.

Kemudian Desa Sawah 10 rumah, Pulau Godang Kari 25 rumah, Seberang Taluk 16 rumah, Koto Taluk 11 rumah, Koto Tuo 2 rumah, Pulau Aro 12 rumah, Pulau Kedundung 20 rumah, Bandar Alai 35 rumah dan Pulau Banjar 10 rumah.

Bahkan pihak Kecamatan bersama Upika Selasa tadi sudah turun membagikan sejumlah bahan makanan berupa mie instan kepada korban banjir.

Kemudian di Kecamatan Benai dari laporan Camat Benai Masnur Judin menyampaikan, banjir merendam sekitar 698 rumah yang ada di 14 desa di Kecamatan Benai.

Desa yang terparah terendam banjir adalah Desa Pulau Ingu ada sekitar 120 rumah yang terendam. Kemudian Simandolak sekitar 70 rumah, Tanjung Simandolak 60 rumah, Pulau Lancang 52 rumah, Banjar Benai 48 rumah.

Selanjutnya Desa Pulau Tongah 50 rumah, Pulau Kalimanting 70 rumah, Ujung Tanjung 60 rumah, Tebing Tinggi 61 rumah, Siberakun 30 rumah, Benai Kecil 20 rumah dan selebihnya dibawah 20.

Masnur mengatakan, banjir kali ini tidak terlalu besar dari banjir biasanya. "Kondisinya memang tidak terlalu besar dibanding tahun sebelumnya," katanya.

Selanjutnya laporan Camat Kuantan Hilir Yulpides ada 5 desa yang terdampak banjir. Selain merendam rumah warga katanya, banjir juga merendam sekitar 137 hektar lahan persawahan.

Banjir terparah di Desa Pulau Kijang merendam 195 rumah, kemudian di Desa Kepala Pulau 70 rumah, Pasar Usang 42 rumah, Pulau Madinah 89 rumah dan Kampung Tengah 80 rumah.

Kemudian di Kecamatan Kuantan Mudik berdasarkan data terakhir ada sekitar 6 desa terdampak banjir. Ada seratus lebih rumah ikut terendam diantaranya Desa Banjar Padang 32 rumah, Aur Duri 22 rumah, Saik 15 rumah, Sangau 70 rumah, Seberang Pantai 7 rumah dan Luai 35 rumah.

"Banjir juga merendam beberapa fasilitas diantaranya 1 TK, 1 MDA, Lapangan Voli dan Kantor Desa," ujar Camat Kuantan Mudik Sadarisnah.

Sementara dari laporan Camat Kuantan Hilir Seberang Akhyan Armofis hingga Selasa sore jumlah Kepala Keluarga yang terdampak banjir mencapai 1.046 KK.

Sedikitnya ada 11 desa di Kuantan Hilir Seberang yang terdampak banjir luapan air Sungai Kuantan. Desa yang terparah terdampak banjir adalah Desa Pelukahan ada 252 KK yang terdampak banjir.

Kemudian Desa Rawang Oguang 78 KK, Tanjung 12 KK, Tanjung Pisang 43 KK, Pulau Baralo 142 KK, Lumbok 52 KK, Danau 114 KK, Sungai Sorik 30 KK, Pengalihan 100 KK, Pulau Baru 150 KK dan Pulau Kulur 73 KK.

"Ketinggian air bervariasi mulai 10 sampai 110 centimeter," ujar Akhyan.

Kemudian di Kecamatan Pangean laporan Camat Pangean Mahviyen, ada 14 desa di Pangean terdampak banjir. Jumlah rumah yang terdampak banjir mencapai 1.887 rumah. Dengan rincian Desa Pulau Deras 198, Pembatang 235, Pauh Angit Hulu 150, Pauh Angit 332, Padang Tanggung 92.

Kemudian Teluk Pauh 86, Tanah Bekali 201, Sukaping 197, Pulau Rengas 100, Pulau Tengah 37, Pulau Kumpai 113 , Koto 4, Pasar Baru 17 buah.

Sementara Camat Cerenti Yuhendra mengatakan, di Cerenti ada sekitar 4 desa yang sudah terendam banjir kiriman luapan Sungai Kuantan.

Sejumlah desa yang sudah terdampak di antaranya mulai Desa Teluk Bayur, Teluk Pauh, Pulau Jambu dan Sikakak. "Untuk jumlah rumah yang terendam kita belum ada data karena tadi sibuk pelantikan Kades," katanya.

Yuhendra mengatakan, banjir kiriman luapan Sungai Kuantan ini sampai disejumlah desa di Cerenti baru tadi pagi (Selasa,red). "Kemungkinan menambah, rencana besok (Rabu,red) kita baru akan turun," katanya.