Aktual, Independen dan Terpercaya


Kuansing Bakal Miliki Kolam Renang Berstandar Nasional, Apa Saja Fasilitasnya?

jupirman.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Apabila disetujui anggarannya, Kabupaten Kuansing, Riau bakal memiliki kolam renang berstandar Nasional. Kolam renang tersebut dibangun untuk persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau X Tahun 2021.

Dimana Kabupaten Kuansing menjadi tuan rumah dalam ivent besar tersebut. Lokasi pembangunan kolam renang rencana akan dipusatkan di Komplek Sport Center.

"Anggaran untuk pembangunan kolam renang ini cukup besar, angkanya Rp 45 Miliar," ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kuansing, Jupirman kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 21 Oktober 2019.

Jupirman mengatakan, sebelumnya kita sudah melakukan studi banding ke Kabupaten Kampar dan Pekanbaru. "Yang kita bangun nanti sesuai standar Nasional," katanya.

Anggaran untuk pembangunan venue kolam renang ini selain diusulkan melalui APBD Kuansing, juga diusulkan melalui APBD Riau dan APBN. "Kita berharap bisa terealisasi nanti," harapnya.

Penasaran, seperti apa fasilitas kolam renang yang menelan anggaran lebih kurang Rp 45 miliar tersebut? Surya Kurniawan, Kasi Olahraga Bidang Pemuda Olahraga Disdikpora Kuansing menjelaskan, kolam renang dengan standar Nasional yang akan dibangun nantinya memiliki beberapa fasilitas dan memiliki tiga kolam.

Dua kolam akan digunakan untuk pertandingan, dimana kolam pertama panjang lintasannya mencapai 50 meter, kolam kedua dengan lintasan 25 meter dan kolam ketiga akan digunakan untuk tempat pemanasan atlet dan kolam bilas.

Selain itu, bangunan venue kolam renang nanti juga akan dilengkapi kamar ganti atlet yang akan mengikuti pertandingan. Serta nantinya akan ada ruang meeting. Tidak ketinggalan venue kolam renang nanti juga akan dilengkapi tribun penonton yang dapat menampung 500 penonton.

Venue kolam renang juga memiliki beberapa keunggulan terutama memiliki timing system dan scoring board. "Untuk timing system ini menghabiskan anggaran lebih kurang Rp 18 miliar. Belum lagi digital skoring board," ujar Surya.

Rencana untuk lahan pembangunan venue kolam renang ini diusulkan tepat dibelakang stadion Sport Center. "Tentunya kita berharap bisa terealisasi, dan daerah tentunya ingin lebih maksimal dalam penyelenggaraan Porprov nantinya," katanya.