Sejak 2014, Pemkab Inhil Gratiskan Biaya Transportasi dan Akomodasi JCH

Prosesi-Tepung-Tawar-JCH-Inhil.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: DEDI PURWADI 

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan, melepas keberangkatan 237 Jemaah Calon Haji (JCH) Kelompok Terbang (Kloter) 8 menuju Embarkasi Batam, Sabtu pagi, 5 Agustus 2017, di Mesjid Al - Huda, Tembilahan.

Wardan menjelaskan, jumlah JCH dari Inhil tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Tahun 2017 ini, lanjutnya, terdapat 422 orang diberangkatkan terbagi dalam beberapa kloter.

"Sebenarnya, Pemkab Inhil berencana menggabungkan 422 JCH ini dalam satu kloter saja. Namun ternyata dalam mempersiapkan kelengkapan dokumen keberangkatan, seperti visa, Kementerian Agama tidak bisa menerbitkannya sekaligus. Maka, mereka terbagi dalam beberapa kloter," kata Wardan saat memberikan sambutan dihadapan para jemaah. 

Baca Juga: Berhati-Hatilah, Narkoba Sudah Ke Desa-Desa Di Inhil

Ia memaparkan, pemberangkatan 422 orang JCH Inhil ini, dibagi menjadi 4 Kloter, dengan jumlah jemaah berbeda masing-masing kloter. "Kemarin, di Kloter 4, kita sudah memberangkatkan 174 jemaah, begitu pula dengan kloter 7 ada 6 orang. Kloter 8 ini ada 237 orang jemaah. Nanti, di kloter 15 sebagai kloter terakhir, kita akan memberangkatkan 5 orang lagi," ungkapnya.

Lambaian Tangan Bupati Inhil, HM Wardan

 

BUPATI Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan, dan istri serta masyarakat melambaikan tangan ke kapal yang membawa ratusan Jemaah Calon Haji asal Indragiri Hilir ke Embarkasi Haji di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu pagi, 5 Agustus 2017.

Bupati Wardan menjelaskan, penyelenggaraan pelepasan dimaksudkan untuk mengiringi keberangkatan para JCH menuju Baitullah dengan doa agar selamat sampai tujuan dan menyandang predikat sebagai haji mabrur.

"Tentunya, ada JCH hadir hari ini telah lama menantikan momen berangkat haji. Penantian yang lama mungkin hingga 5, 7 bahkan 10 tahun lalu telah mendaftar. Alhamdulillah, hari ini bisa berangkat menunaikan ibadah haji," jelasnya.

Wardan mengungkapkan, sejak 2014 silam, Pemkab Inhil bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Inhil telah mengambil kebijakan jarang sekali diambil daerah manapun. Kebijakan tersebut, lanjut Bupati, menggratiskan biaya lokal keberangkatan haji bagi para jemaah menuju Batam.

"Dalam pemberangkatan JCH pastinya dibutuhkan transportasi dan akomodasi. Kedua hal tersebut juga tentu membutuhkan biaya terkadang membebani para jemaah. Di Inhil, sejak 2014 lalu, kami telah meniadakan biaya untuk kedua hal tersebut. Biaya lokal tersebut telah ditanggung Pemkab sebagai wujud komitmen dan kepedulian," ungkap Wardan disambut riuh tepuk tangan jemaah.

Klik Juga: 6.000 Warga Miskin Di Inhil Terima Bantuan Tunai 4 Tahap Selama 2017 Ini

 

Keringanan diberikan Pemkab ternyata tidak hanya sampai di situ saja. Wardan menyampaikan, Pemkab juga merencanakan memberikan fasilitas lebih kepada para jemaah calon haji di tahun mendatang.

Pada kegiatan pelepasan ini, 237 JCH dilakukan prosesi tepuk tepung tawar oleh Wardan beserta Istri, serta segenap unsur Forkopimda Inhil turut hadir mendampingi Bupati. (Adv)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline