Kebut Verifikasi Berkas, CPNS 2019 Pelalawan Bekerja Mulai Desember 2020

CPNS11.jpg
(BKN)

RIAU ONLINE, PELALAWAN-Badan Kepegawaian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pelalawan mulai verifikasi berkas pascapengumuman kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, 

Sejak dinyatakan lulus, peserta diberikan waktu hingga tanggal 15 November untuk melengkapi persyaratan pendaftaran ulang seperti yang diminta Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dalam pengumuman sebelumnya.

Seluruh dokumen dikirimkan ke website http://sscn.go.id melalui akun masing-masing peserta yang lulus. Kemudian BKPSDM mengambil berkas tersebut untuk diperiksa keabsahan dan keasliannya.

"Saat ini kita sedang verifikasi berkas para peserta melalui digital, karena persyaratannya diupload pada website," ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Manusia BKPSDM Pelalawan, Tengku Kafrawi,  Rabu 18 November 2020.

Tengku Kafrawi menuturkan, berdasarkan data yang diterima seluruh peserta yang dinyatakan lulus CPNS telah melakukan daftar ulang berdasarkan prosedur yang diminta.

Dikatakannya, proses verifikasi secara digital akan berjalan hingga akhir bulan November.

Peserta juga diwajibkan mengirimkan bukti fisik seluruh dokumen pendaftaran ke alamat yang ditetapkan BKPSDM.

Namun proses pemeriksaan berkas tetap difokuskan pada data digital yang telah diunggah peserta

"Para peserta yang lulus akan bekerja terhitung mulai 1 Desember mendatang. Mudah-mudahan prosesnya terkejar," tandasnya.

Seperti diketahui, dari 111 formasi yang awalnya diterima oleh Pemda Pelalawan, ternyata hanya 90 formasi yang terisi hingga akhir seleksi.

Artinya hanya 90 orang yang berhak menjadi CPNS dari ribuan peserta yang ikut ujian sejak awal.

Ada 21 formasi yang sama sekali tidak terisi akibat sepi peminat.

Kuota yang tak diisi itu berasal dari berbagai jabatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Pelalawan.

Penentuan kelulusan merupakan penggabungan antara nilai SKD dan SKB yang didapat peserta dengan bobot 40 persen dan 60 persen.

Setelah diperhitungkan dan nilai total didapatkan, selanjutnya dirangking setiap formasi.

Peserta peraih nilai tertinggi atau rangking pertama keluar sebagai pemenang.