Ngotot Maju Pilkada Rohul, M Sahril Topan Dipecat PAN

Tengku-Zulmizan-Assagaf.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

Laporan: Sigit Eka Yunanda

RIAUONLINE, PEKANBARU - M. Sahril Topan, Calon Wakil Bupati(Cawabup) Rokan Hulu dicopot dari kursi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Rokan Hulu. Keputusan ini diambil Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Riau usai Topan maju di Pilkada Rokan Hulu tidak seizin PAN.

Pemecatan Sahril Topan secara resmi melalui Surat Keputusan Nomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/418/IX/2020 yang dikeluarkan pada tanggal 17 September 2020 kemarin.

Diketahui DPP PAN sudah mengusung Bendahara DPW PAN Riau, Erizal sebagai Calon Wakil Bupati mendampingi Hafith Syukri yang diusung PKB pada Pilkada Rokan Hulu 2020.

Sementara Sahril Topan malah maju mendampingi Hamulian menggunakan perahu partai Golkar dan PPP.

Tak pelak hal ini membuat PAN kecewa. "Menurut DPP PAN, tindakan Topan tersebut bertentangan dengan tugas pokok, fungsi dan kewajibannya sebagai Ketua DPD dan melanggar ketentuan tentang tugas dan fungsi DPD sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ ART) PAN," kata Sekretaris DPW PAN, T. Zulmizan ujarnya melalui pesan WhatsApp (23/09/2020).

Selain itu, Topan juga diberhentikan sebagai Anggota Fraksi PAN DPRD Rokan Hulu dan Ketua DPRD Rokan Hulu telah meneruskan prosesnya kepada Gubernur Riau melalui Bupati Rokan Hulu.

T Zulmizan menambahkan, tanggal rilis pemecatan hari ini dimaksudkan secara bersamaan dengan momentum Penetapan Paslon.

"DPW PAN Riau menerima tembusan SK DPP PAN tersebut kemarin dan sengaja merilisnya hari ini tanggal 23 September 2020 bertepatan dengan momentum penetapan Calon Pilkada Kabupaten Rokan Hulu oleh KPUD setempat. Terhitung sejak diterbitkan SK pemberhentiannya, Topan dilarang melakukan aktivitas untuk dan atas nama Ketua DPD PAN."

Sebagai pengganti Topan, DPP PAN mengangkat H. Syamsurizal, ST, MT sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Ketua DPD PAN Rokan Hulu sampai terpilihnya Ketua DPD defenitif Periode 2020-2025.

Ketua DPW PAN Irwan Nasir telah memanggil Syamsurizal untuk diberikan pengarahan tentang tugas barunya, sekaligus penyerahan tembusan SK DPP PAN. Tugas berat sudah menanti Erizal yakni memenangkan Pasangan Hafith Syukri-Erizal.