Jadi Anggota DPRD Sejak Umur 23 dan Raih Suara Terbanyak, Ini Profil Imustiar

Imustiar3.jpg
(istimewa)

LAPORAN : RISKI APDALLI

 

RIAUONLINE, PELALAWAN -Namanya Imustiar, S.IP. Dia adalah kader partai politik Golongan Karya (Golkar) yang telah lama berkecimpung di dunia perpolitikan Kabupaten Pelalawan, dan sangat melekat dengan sosok pembesar partai berlambang pohon beringin tersebut.

 

Pria kelahiran Lingkungan Kayu Ara, Kelurahan Kerumutan, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, lahir tepat  pada tanggal 14 Juni 1982.

 

Track record atau rekam jejak sosok Imustiar di kancah perpolitikan Kabupaten Pelalawan tidak diragukan lagi.

 

Dengan bermodalkan kejujuran, dan loyalitas serta integritas yang tinggi, ia sangat dipercaya oleh masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Kerumutan.

 

Tak khayal, dari pertama Bang Imui mendaftar atau menalonkan diri sebagai seorang legislator hingga saat ini, ia telah menjabat sebagai seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan selama 3 (tiga) periode.

 

"Kita hanya menjaga kejujuran dan kepercayaan masyarakat, itu modal utama yang saya bangun," ungkap Bang Imui, saat berbincang.

 

Putra pertama dari lima bersaudara dari pasangan Bapak Ifat dan Ibu Rosana ini sangat dikenal dengan kesantunannya saat bertegur sapa dengan orang-orang di sekelilingnya.

 

Wajar saja, sosok Imustiar menjadi prioritas di kalangan anggota legislator yang pernah bersaing dengannya saat memperebutkan tampuk kursi manis di singgasana Kantor DPRD Pelalawan.

 

Nyatanya, mulai dari pertama ia mencalonkan diri sebagai calon legislatif (Caleg) pada periode 2009-2014, sosok Bang Imui terpilih dengan perolehan suara sebanyak 2.102 pemilih.

 

Tidak sampai disitu, dengan kepiawaiannya memikat hati masyarakat bermodalkan kejujuran, ia kembali berhasil meraih suara terbanyak pada Caleg periode 2014-2019 dengan perolehan suara mencapai 6.163 pemilih.

 

Banyak?, ya sangat banyak, bahkan bisa mencapai untuk 2 kursi anggota DPRD Pelalawan waktu itu. Tidak sampai disitu saja, pada Caleg periode 2019-2024 yang masih hangat di telinga terdengar hiruk pikuknya perebutan suara pemilih ini, sosok Bang Imui kembali berhasil mendapatkan hati masyarakat dengan perolehan suara sebanyak 4.602 pemilih.

 

Namun, sejauh ini banyak yang menjadi pertanyaan dan keluh kesah masyarakat Kabupaten Pelalawan, khususnya masyarakat Kecamatan Kerumutan.

 

Kenapa sosok Bang Imui belum pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Pelalawan, walaupun sudah tiga periode terpilih sebagai anggota DPRD dengan berlatar belakang dari kader partai Golkar dan bahkan selama tiga periode pula lah partai berlambang pohon beringin, itu memperoleh kursi terbanyak di kanca perpolitikan Kabupaten Pelalawan?

 

Padahal, jika dilihat dari kacamata politik, Bang Imui termasuk kader yang manut terhadap keputusan partai, bahkan tidak pernah sesekali terdengar sosok pria berparas gagah dengan kulit putihnya ini, memilih perahu lain untuk bertarung saat pemilihan legislatif (Pileg) digelar.

 

Meski selalu menjadi top skor dalam perolehan suara, Bang Imui selama tiga periode menjabat sebagai anggota DPRD Pelalawan.

 

Selama ini Imustiar, hanya mengemban tugas di partai Golkar sebagai bendahara umum DPD II Golkar Pelalawan sekaligus ketua fraksi Golkar DPRD Pelalawan dari tahun 2011 hingga 2014.

 

Selanjutnya, pada tahun 2014 hingga 2019 menjabat sebagai ketua Komisi III DPRD Pelalawan. Dan pada tahun 2019 hingga saat ini, menjabat sebagai Ketua Komisi I DPRD Pelalawan. Bahkan Bang Imui, pernah menjabat sebagai Wakil ketua DPD II Golkar Pelalawan Bidang Pemenangan Pemilu Dapil III.

 

Namun, itu semua tetap di terima Imustiar atau Bang Imui, karena ia sangat menjunjung tinggi keputusan partai yang telah ia cintai sejak awal ia berkarir di kanca politik Kabupaten Pelalawan.

 

"Menjaga etika politik dan menjaga kejujuran, itu yang terpenting," tutur Imustiar, kepada RiauOnline.co.id.

 

Di umur 38 tahun saat ini, sosok Bang Imui dikenal sangat akur dengan tiga orang saudara lelaki dan satu saudara perempuan kandungnya. Dengan meminang seorang perempuan yang bermana Kasnawati, S.Pd, yang saat ini menjadi pendamping hidupnya.

 

Bang Imui telah dikarunia empat orang anak, anak yang pertama yakni, Amirah Dzakiyah Fadilah, kedua Zarin Fahima Mumtazah, ketiga Durratun Fatisha Walidaini, dan yang keempat Elif Khadijah Umaimah.

 

Dengan riwayat latar pendidikan dari tamatan SDN 020 Lingkungan Kayu Ara, Kelurahan Kerumuan, MTs Al-Hidayah Desa Pematang Tinggi, Kecamatan Kerumutan. Bang Imui juga melanjutkan pendidikan ke Madrasah Aliyah Dar'el Hikmah Pekanbaru hingga tamat strata satu (S-1) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Pemerintahan hingga akhirnya menyandang gelar (S.IP).

 

Inilah sosok yang dinilai sangat layak digadang-gadangkan masyarakat Kabupaten Pelalawan, khususnya masyarakat Kecamatan Kerumutan agar menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD Pelalawan.

 

Mengapa tidak, track record dari kaca mata politik Bang Imui sudah tidak diragukan lagi, bahkan kecintaan individualnya terhadap partai Golkar juga sangat tidak dapat dipertanyakan lagi. Akankan sosok Imustiar, S.IP atau yang akrab disapa Bang Imui ini menjadi pilihan bagi DPD II partai berlambang pohon beringin itu?. 

 

Saat ditanyakan langsung kepada Bang Imui, ia hanya bisa memberikan pernyataan terhadap prinsip politiknya selama ia berkarir.

 

Karena ia juga menyadari keputusan Partai tidak bisa hanya dari keinginan pribadinya, walaupun banyak kalangan yang sangat berharap Bang Imui lah orang yang layak dengan dedikasi tingginya dalam membesarkan DPD II Golkar Pelalawan.

 

"Komitmen kerja nyata dalam masyarakat, serta mengedepankan kejujuran dan tidak pernah membedakan orang dari latar belakang suku dan agama manapun. Satu lagi, jangan sekali-kali kita sombong atau tinggi hati kepada orang lain," pesannya, diakhir wawancara eksklusif bersama sosok Imustiar, S.IP atau Bang Imui.