Lagi, Polisi di Riau Terlibat Peredaran Narkoba

ILUSTRASI-Narkoba1.jpg
(INTERNET)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Keterlibatan oknum kepolisian di Provinsi Riau dalam peredaran narkoba seakan tak ada hentinya. 

Setelah oknum Polres Siak terlibat peredaran 50 Kilogram Narkoba, kini giliran oknum dari Polres Dumai yang terjerat peredaran narkoba. 

Oknum berinisial HJ (46) dan berpangkat Aipda dibekuk Tim gabungan Direktorat Narkoba Polda Riau bersama Sat Narkoba Polres Dumai. Barang bukti yang turut diamankan  yakni 1.035 butir pil ekstasi.

Selain HJ, lima orang pengedar lainnya juga diamankan di tiga lokasi berbeda di Kota Dumai, Minggu, 21 Agustus 2022 lalu.

Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto, mengatakan oknum anggota polisi tersebut masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Polda Riau. 

HJH alias GL (46) akan mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan jeratan sanksi pidana Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 112 Ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup ataupun selama 20 (Dua Puluh) Tahun. 

Selain itu, pelaku juga akan dikenakan sanksi melalui sidang kode etik dengan ancaman pemecatan.

Nurhadi menegaskan Polri tidak akan melindungi anggota yang terlibat kasus narkoba. 

 

 

“Polri tidak akan melindungi anggota yang terlibat narkoba, karena yang menangkap juga anggota Polri, kalau kami mau melindungi, tidak mungkin kami tangkap mereka," tegasnya, Rabu, 24 Agustus 2022.

Nurhadi mengatakan, anggota Polri  yang terlibat kasus narkoba akan ditindak secara tegas an diproses sesuai hukum yang berlaku.

Nurhadi menjelaskan masih banyak polisi baik dan disiplin yang ada di Jajaran Polres Dumai yang selama ini bertugas dengan penuh rasa tanggung jawab. 

Karena itu, pihaknya tidak akan melindungi anggota yang melakukan pelanggaran hukum, khususnya kasus narkoba.

"Anggota Polri di Kota Dumai ini ada kurang lebih 550 personel, masih sangat banyak yang baik dan disiplin, jadi 1 anggota yang kami tangkap itu tujuannya untuk melindungi kurang lebih 550 polisi yang telah bertugas dengan penuh rasa tanggung jawab ini," katanya.

Dikatakan Nurhadi, Polri khususnya Polres Dumai akan terus berbenah maupun melakukan bersih-bersih agar tidak ada lagi anggota yang terlibat narkoba.