Banyak Jalan Rusak di Rajawali, PUPR: Proyek IPAL dan Pipa PDAM Rusak

Jalan-rusak-di-rajawali.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Sejumlah ruas jalan di Jalan Rajawali, Kota Pekanbaru, dalam kondisi buruk. Satu di antaranya berada dekat Taman Pemakaman Umum (TPU) di kawasan itu.

Tak cuma rusak, ruas jalan yang berlubang juga digenangi air yang semakin memperparah kondisinya. Para pengendara pun mesti berhati-hati melintas di ruas jalan rusak tersebut.

Ruas jalan yang rusak itu ternyata sempat jadi lokasi pelaksanaan proyek Instalasi Perpipaan Air Limbah (IPAL) dan pipa PDAM.

"Ruas jalan ini sempat dilewati proyek IPAL dan PDAM, waktu dibongkar penggalian IPAL pipa PDAM nya rusak," terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Selasa 23 Agustus 2022.

Dirinya mengatakan bahwa kerusakan terjadi karena pipa PDAM yang sudah tua. Pipa tersebut tidak bisa menahan goncangan peralatan galian IPAL sehingga pipa PDAM pun retak.

"Sehingga dilakukan perbaikan oleh IPAL, kita segera evaluasi nanti kita panggil orang IPAL, supaya cepat dilakukan perbaikan," jelasnya.

Dirinya menilai saat kondisi main hole IPAL tidak ada yang harus diperbaiki tentu perbaikan ruas jalan itu harus jadi prioritas. Mereka masih punya tanggung jawab untuk memperbaiki ruas jalan yang rusak akibat galian IPAL tersebut.

Indra mengaku bahwa hingga kini kondisi ruas jalan itu masih dalam kondisi rusak. Ia menyebut belum dilakukan upaya rekondisi jalan itu.

"Kondisinya memang jalan kita belum dilakukan rekondisi, jadi kita minta supaya direkondisi jalan kita kalau secara sudah bisa dilakukan," paparnya.

Pantauan RIAUONLINE, tak jauh dari TPU juga terdapat jalan rusak. Kondisinya berlubang, tergenang air dan banyak sampah. Posisi jalan rusak berada dekat tempat usaha warga.