PT Ali Akbar Sejahtera Menang Lelang, Pasar Bawah Masih Dikelola Disperindag

Pasar-bawah-Pekanbaru.jpg
(pekanbaru.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pengelolaan Pasar Bawah Kota Pekanbaru belum diserahkan kepada pemenang tender. Saat ini pasar wisata tersebut masih dikelola oleh Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

 

Padahal, telah ditetapkan pemenang lelang yakni PT Ali Akbar Sejahtera (AAS). Perusahaan ini  melewati sejumlah tahapan dan proses verifikasi berkas pendaftaran oleh badan usaha.

 

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut membenarkan, operasional pasar di kawasan Senapelan belum diserahkan kepada pemenang tender.

 

"Belum diserahkan. Pasar Bawah itu, kita mau lakukan evaluasi terhadap proses-proses yang sudah kita lakukan kemarin. Nah, setelah evaluasi ini, baru kita tindak lanjuti," ujar Ingot, Jumat 12 Agustus 2022.

 

Menurutnya, evaluasi ini dilakukan terhadap proses seperti tahapan pemilihan mitra hingga penetapan pemenang. "Namun karena ada masukan-masukan, ini kita lakukan evaluasi kembali terhadap proses (pemilihan mitra) itu," jelasnya.

 

Ia menyebut, evaluasi ini untuk memastikan apakah proses sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Nantinya, kata Ingot, akan ada penyempurnaan atau ada langkah-langkah lain yang sesuai dengan ketentuan.

 

Saat ini pihaknya sudah membentuk tim untuk melakukan evaluasi proses pemilihan mitra tersebut. Ia berharap evaluasi ini secepatnya segera selesai. Pihaknya belum memastikan, apakah akan ada pelelangan ulang jika proses pemilihan mitra tidak sesuai ketentuan.

 

"Sekarang kan belum sampai tahap kesimpulan. Biarkan tim bekerja dulu. Setelah itu nantinya bagaimana kita akan sampaikan secara transparan juga, hasil kerja tim seperti apaapa," paparnya.

 

Pengelolaan Pasar Bawah dengan pihak pengelola pertama telah berakhir tanggal 16 Mei 2022. Sebelumnya Pasar Bawah dikelola pihak ketiga yakni, PT Dalena Pratama Indah.

 

Adanya peralihan ini karena kerjasama dengan sistem Bangun Guna Serah (BGS) selama 20 tahun sudah berakhir. Masa penggunaan dan pengelolaan oleh investor pasar itu sudah berakhir.

 

Ada rencana Pasar Bawah, Kota Pekanbaru bakal mengalami proses revitalisasi. Proses revitalisasi dilakukan setelah terpilih pihak swasta yang mengelola pasar wisata ini.

 

Nilai investasi untuk revitalisasi Pasar Bawah ditaksir mencapai Rp 30 Miliar. Besar anggaran revitalisasi ini berkisar 30 persen anggaran pembangunan pasar wisata tersebut.