11 Ribu Nakes di Pekanbaru Bakal Divaksin Booster Kedua

vaksin-nakess.jpg
(Laras Olivia/ Riau Online.)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Para tenaga kesehatan (nakes) di Kota Pekanbaru bakal mendapat suntikan vaksin booster kedua pada pekan ini. Suntikan vaksin dosis keempat ini untuk mencegah para tenaga kesehatan kembali terpapar Covid-19.

Jumlah tenaga kesehatan yang bakal divaksin mencapai lebih dari sebelas ribu orang. Mereka diantaranya merupakan tenaga kesehatan di puskesmas hingga  rumah sakit pemerintah dan swasta.

"Untuk tahap awal internal di dinas kesehatan, puskesmas, hingga rumah sakit pemerintah," terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Selasa, 2 Agustus 2022.

Dirinya mengklaim pasokan vaksin masih mencukupi sehingga bisa menggunakan vaksin yang ada. Para tenaga kesehatan yang sudah bersedia bisa datang langsung ke lokasi vaksinasi mulai Senin, 1 Juli 2022.

"Bagi nakes yang butuh vaksin, bisa datang ke lokasi pemberian vaksin," jelasnya.

Pasokan vaksin yang tersedia mencapai 7.500 dosis. Vaksin ini tersedia di gudang instalasi farmasi kesehatan (IFK), puskesmas dan rumah sakit.

 

 

Zaini menyebut bahwa jumlah pasokan vaksin untuk booster kedua masih terbatas. Mereka bakal mengajukan kembali tambahan vaksin jika pasokan sudah menipis.

"Jumlah pasokan vaksin saat ini memang belum mencukupi, kita habiskan ini dulu, jangan sampai kadaluarsa. Begitu vaksin menipis, kita ajukan tambahan melalui pemprov,"  jelasnya.

Dirinya menegaskan bahwa pemberian vaksin dosis keempat juga berlanjut ke rumah sakit swasta. Ia menjelaskan bahwa tahap awal bagi tenaga kesehatan.

Zaini menyebut bahwa seiring perkembangan waktu daya tahan vaksin menurun. Maka dari pemerintah pusat bagi tenaga kesehatan yang sudah mendapat suntikan vaksin ketiga enam bulan lalu bisa melanjutkan vaksin dosis  keempat.

"Jadi disarankan untuk mendapat dosis keempat, jadi yang sudah enam bulan direkomendasikan untuk dapat vaksin keempat," tukasnya.