´╗┐

Diskominfotik Riau Raih Penghargaan Terbaik Pertama Sebagai PPID Pembantu

Diskominfotik-Riau3.jpg
(Mediacenter Riau/nb)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau meraih penghargaan terbaik pertama sebagai pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) pembantu di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam acara KI Award 2021.

Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Kadiskominfotik, Chairul Riski. Instansi ini dianggap sebagai partner dalam PPID pembantu yang terbaik di dalam lingkungan Pemprov Riau juga Diskominfotik dianggap mampu untuk masuk kedalam kategori kualikasi informatif.

Selain Diskominfotik Riau, instansi di lingkungan Pemprov Riau yang juga mendapat penghargaan di antaranya, terbaik kedua oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD Riau), terbaik ketiga oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) , terbaik keempat diraih oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Riau dan terbaik kelima oleh Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Dalam penyerahan penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto di Hotel The Premiere Pekanbaru, Senin (29/11/2021)

Selanjutnya, penyerahan penghargaan tersebut juga diberikan kepada Perguruan Tinggi terbaik yaitu Politeknik Kesehatan Kemenkes Riau sebagai kualikasi informatif, Universitas Riau dan Universitas Lancang Kuning sebagai kualikasi menuju informatif.


Penyerahan penghargaan juga diberikan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbaik yaitu PT Jamkrida Riau sebagai kategori kualikasi informatif, PT Bumi Siak Pusako dan PT Permodalan Ekonomi Rakyat sebagai kualikasi menuju informatif.

Selain itu, juga ada tiga partai politik terbaik yang menerima penghargaan yaitu, partai keadilan sejahtera (PKS), partai kebangkitan bansa (PKB) dan partai golongan karya (Golkar) sebagai kategori kualikasi menuju infomatif.

Penyerahan penghargaan juga diberikan kepada instansi vertikal yaitu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau dan Badan Pusat Statistik (BPS) Riau sebagai kualikasi informatif, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Riau, Kantor Wilayah Badan Pertahanan Nasional (BPN) Riau, dan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPK) Riau sebagai kualikasi menuju informatif.

Selanjutnya, penyerahan penghargaan tersebut juga diberikan kepada Kabupaten/Kota di Ria. Adapun kabupaten/kota yang menerima penghargaan di antaranya adalah, terbaik pertama diraih oleh Kabupaten Indragiri Hilir, terbaik kedua oleh Kabupaten Bengkalis dan terbaik ketiga oleh Kabupaten Kampar, sebagai kualikasi informatif, juga ada Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak dan Kota Pekanbaru sebagai kategori kualikasi menuju informatif.

Sementara itu, Ketua KI Riau Zurfa Irwan mengatakan dalam penganugerahan ini bahwa pihaknya melakukan pemeringkatan dalam kategori khusus yaitu Achievement Motivation Person.

"Penghargaan khusus ini dapat kami berikan karena selama setahun terakhir kami mengamati, memantau, menyimak dan mendalami figur-figur dari pimpinan badan publik akan dedikasinya, memotivasinya, komitmennya mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik di pabrik di badan publik yang mereka Pimpin," katanya.

Pihaknya juga berharap, kepada para peraih penghargaan ini untuk kedepannya lebih meningkatkan lagi kualitasnya lebih baik lagi.

"Kami juga berharap, bagi pihak - pihak yang menerima penghargaan ini agar kedepannya lebih baik lagi dalam menjalankan keterbukaan informasi di Provinsi Riau," harapnya.