Punya Kenangan Masa Kecil, Syamsuar Minta Sungai Bangko Dinormalisasi

Sungai-Bangko2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, normalisasi Sungai Bangko yang terletak di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan dimulai pada tanggal 9 November mendatang.


Normalisasi ini dilakukan karena adanya penyumbatan yang berdampak terhadap kehidupan masyarakat disekitar sungai, khususnya nelayan.

Syamsuar menjelaskan, selama ini sungai Bangko sebagai sumber kehidupan masyarakat nelayan. Saat ini kondisi sungai Bangko tidak bisa dilewati.

Sudah dipenuhi rumput-rumput. Saat hujan selalu banjir. Kemudian, pendapatan masyarakat khususnya nelayan hampir tidak ada sama sekali.

"Tadi saya sampaikan bahwa saya dilahirkan di Jumrah. Saya sekolah di Bagansiapiapi. Setiap saya pergi sekolah ke Bagan lewat sungai Bangko itu. Sekarang kondisi Sungai Bangko tidak bisa dilewati," katanya, Rabu, 3 November 2021.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) akan bekerjasama untuk melaksanakan normalisasi ini

"Tadi kami sudah sepakat dengan BWSS, nanti kita keroyok sama-sama. Nanti mereka menyiapkan alat dua, dan kita siapkan dua. Kemudian nanti ponton kita minta bantu dari perusahaan," pungkasnya.