Dua Kepala OPD Pemko Pekanbaru Kosong, Rotasi Jabatan Dilaksanakan Juli 2021

M-Jamil.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Posisi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) defenitif di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru masih kosong hingga pertengahan tahun 2021. Saat ini sejumlah posisi kosong diisi oleh pelaksana tugas atau plt.

Posisi tersebut yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru. Lalu Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru.

Pemerintah Kota Pekanbaru berencana membuka assement untuk seleksi pejabat. Mereka bakal berkordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait assesment terhadap jabatan yang masih kosong.

"Assesment nanti kita ajukan ke KASN, sebab ada sejumlah posisi yang lowong," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, Selasa 15 Juni 2021.

Menurutnya, assesment digelar usai evaluasi pejabat di lingkungan pemerintah kota. Evaluasi ini bagi seluruh kepala OPD di lingkungan pemerintah kota.

"Setelah evaluasi kita petakan OPD nya, ada juga OPD yang kepala OPD nya pensiun atau habis masa tugasnya," terangnya.

Lanjutnya, ada rotasi atau pergeseran jabatan usai proses evaluasi. Ia menyebut, rencananya assesment berlangsung pada Juli 2021 mendatang.

"Jadi proses assesment diawali dengan evaluasi dulu pada awal Juli. Lalu kita lanjutkan dengan assesment," paparnya.

Dirinya menegaskan, sejumlah kepala OPD bakal mengalami promosi atau rotasi. Ada tim panitia seleksi jabatan bakal menilai kompetensi dan kinerja dari para pejabat di lingkungan pemerintah kota.