Terkait Perubahan Kecamatan, Hamdani Minta Pemko Gencar Sosialisasi

Hamdani10.jpg
(Muthi Haura/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kecamatan di Kota Pekanbaru di 2021 ini sudah 15 dari yang awalnya hanya 12 kecamatan. Tapi masih banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya. Terkait hal ini, DPRD Kota Pekanbaru minta Pemerintah Kota (Pemko) untuk lebih mensosialisasikannya. 

 

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani mengatakan, Pemko Pekanbaru sudah menegaskan kecamatan di Kota Pekanbaru sudah 15, bukan 12 kecamatan lagi. Cuma memang informasi ini belum sampai masif di publik. 

 

"Ini mungkin bisa mengumpulkan perangkat RT/RW untuk menyampaikan secara masif ke masyarakat," katanya kepada wartawan. 

 

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga mengatakan, perubahan kecamatan ini tentu saja akan berdampak pada kepada perubahan Administrasi Kependudukan (Adminduk). 

 

"Masyarakat yang semula misalnya di Tampan. Dulu kecamatan nya di Tampan, kelurahannya delima, sekarang udah berubah. Ga itu lagi," ujarnya. 

 

Hamdani berujar, memang harus diinformasikan lebih masif kepada publik. Bisa menginformasikan melalui media massa dan melalui cara lainnya. 

 

"Ini memang harus dilaksanakanlah ya. Gunakan peran-peran publikasi di Pemko Pekanbaru supaya masyarakat kita ini tau dan paham bahwa Pekanbaru sudah ada 15 kecamatan," ucapnya. 

 

Pemekaran kecamatan sendiri, yang awalnya 12 kecamatan menjadi 15 kecamatan. Ada tiga kecamatan yang dimekarkan. Kecamatan Tenayanraya dan Kecamatan Kulim merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Tenayanraya. Kecamatan Bina Widya dan Kecamatan Tuah Madani merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Tampan.

 

Kecamatan Rumbai mekar menjadi Kecamatan Rumbai Barat dan Kecamatan Rumbai Timur. Kecamatan Rumbai Pesisir berganti nama menjadi Kecamatan Rumbai. Sedangkan Kecamatan Tampan dihapus.

 

 

Sedangkan kecamatan lainnya tidak berubah seperti Kecamatan Limapuluh, Kecamatan Bukitraya, Kecamatan Senapelan, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Sail, Kecamatan Payung Sekaki, Kecamatan Marpoyan Damai, dan Kecamatan Sukajadi.