Pemko Pekanbaru Ajak Tokoh Masyarakat Tangkal Berita Hoaks Vaksin Sinovac

FGD-SINOVAC.jpg
(laras)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengajak tokoh lintas agama mengingatkan umat jangan percaya dengan hoaks atau kabar bohong tentang vaksin Covid-19.

Ia menilai, masyarakat tentu mengikuti imbauan tokoh agama. Maka ia berharap agar para tokoh agama bisa mengajak umat menerima vaksin Covid-19. Imbauan dari tokoh agama diharapkan bisa membuat masyarakat tenang.

"Kami mengajak tokoh agama agar tenang. Jangan percaya hoaks tentang vaksin," ujarnya dalam dalam Forum Group Discussion (FGD) bersama tokoh lintas agama di Gedung Mubaligh Centre (GMC) Ikatan Kemakmuran Masjid Indonesia (IKMI), Rabu 13 Januari 2021.

Menurutnya, vaksin sinovac yang bakal disuntikkan sudah aman dan teruji. Apalagi sudah halal dan mengantongi Emergency Use Authorization (EUA).

Firdaus tidak menampik masih ada kelompok yang menolak pemberian vaksin. Menurutnya, pemerintah mengambil langlah vaksinasi untuk menggerakkan masyarakat agar produktif dan aman Covid-19.

"Maka kami mengajak masyarakat untuk ikut dalam vaksinasi guna melindungi diri dan masyarakat," ajaknya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa proses penyediaan vaksin secara bertahap. Ada rencana proses vaksinasi berlangsung selama sembilan bulan hingga satu tahun.

Firdaus pun mengajak masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan. Mereka harus menyadari bahwa Covid-19 itu nyata.

"Kami mengajak tokoh agama bisa memberi motivasi dan edukasi. Vaksinasi perlu agar diri dan keluarga terlindungi dari ancaman Covid-19," paparnya.