Ribuan Dosis Vaksin Covid-19 Mulai Disalurkan ke Kabupaten Kota di Riau

Pendistribusian-vaksin-covid-19-5.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Jelang pelaksanaan vaksinasi di Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi Riau telah mengirim vaksin Covid-19 di tiga Kabupaten dan Kota di Riau, Selasa, 12 Januari 2021.

Tahap pertama pendistribusian vaksin sinovac, Kota Pekanbaru menerima 1040 dosis vaksin, kemudian Kabupaten Pelalawan sebanyak 1800 dosis, dan Kabupaten Kampar sebanyak 2400 dosis.

"Tahap pertama kita salurkan ke Pekanbaru, Pelalawan dan Kampar, karena sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat. Sedangkan Kabupaten dan Kota di Riau yang belum menerima vaksin sinovac akan secepatnya dikirimkan," tutur Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, juga menjelaskan ada 14 nama selain tenaga kesehatan yang direkomendasikan namanya untuk di vaksin Covid-19 terlebih dahulu yakni, Kapolda Riau, Danrem, Danlanud, Danlanal, Plh Sekdaprov Riau, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Kejati Riau, Direktur Utama RSUD Arifin Achmad, Jubir Covid-19 Riau, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Riau, PPNI Riau, pengurus Muhammadiyah, NU dan persatuan gereja Riau.

"Para tokoh itu kemarin sudah dicek kesehatan nya, dan sedang kita tunggu hasilnya, jika hasilnya memadai maka tokoh itu akan segera di vaksin Covid-19," jelasnya.

Selanjutnya, untuk pendistribusian vaksin ke daerah lain di Provinsi Riau, Dinkes Provinsi Riau gunakan Cold Chain atau alat pendingin yang berguna untuk penyimpanan vaksin di luar gedung, dengan suhu berkisar dua derajat celcius hingga delapan derajat celcius.