Sudah Tiba tapi Belum Bisa Digunakan, Vaksin Disimpan di Ruangan Khusus

vaksin-covid-19-tiba-di-Pekanbaru5.jpg
(DEFRI CANDRA/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah sampai di Pekanbaru, 20.000 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac langsung dimasukkan kedalam gudang vaksin UPT Instalasi dan Logistik Dinas Kesehatan Provinsi Riau di Jalan Kesehatan, Senapelan Pekanbaru. Selanjutnya vaksin dimasukkan kedalam ruangan khusus yang suhunya cukup dingin, yakni berkisar antara 2 sampai 8 derajat celcius.

 

"Ada tempat khusus untuk penyimpanan vaksin, di Cool Room dengan suhu antara 2 sampai 8 derajat celcius. Kita sudah punya Cool room itu dan di tempat itulah vaksin ini untuk sementara kita simpan, jadi penyimpanan kita sudah sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh WHO," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Selasa 5 Januari 2020. 

 

 

 

Meski menempuh perjalanan darat yang cukup jauh, selama tiga hari, Mimi memastikan tidak ada vaksin yang rusak selama dalam perjalanan.  Vaksin Covid-19 ini dikirim dari perusahaan Bio Farma di Bandung, Minggu 3 Januari 2021  sore. Kemudian dibawa ke Pekanbaru lewat jalur darat dan tiba di Pekanbaru, Selasa 5 Januari 2021 pagi.

 

"Semua distribusi sudah sesuai dengan standar, semua aman," kata Mimi.

 

Seperti diketahui, sebanyak 20 ribu dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac China sudah sampai di Pekanbaru, Selasa pagi tepat pukul 08.00 WIB. Ribuan vaksin tersebut dikemas dalam 11 kotak karton.

 

Namun pihaknya belum bisa memastikan kapan vaksin ini akan distribusikan ke 12 kabupaten kota di Riau. Sebab hingga saat ini izin darurat penggunaan dari BPOM belum keluar.

 

 

"Kita masih menunggu izin EUA dari BPOM, setelah itu keluar baru kita distribukan ke kabupaten untuk dilaksanakan vaksinasi," ujarnya.  (*)